226 Sambungan Rumah Dibangun

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, bakal membangun jaringan air bersih untuk 226 sambungan rumah (SR) milik warga di Kelurahan Bandaratu Kecamatan Kota Mukomuko.

Proyek jaringan air bersih itu, pemerintah pusat menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1,4 miliar lebih dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mukomuko, Ruri Irwandi ST MT melalui Kepala Bidang Cipta Karya, M Zum ST mengatakan, saat ini tengah proses pemberkasan. Jika sudah selesai, pihaknya akan langsung mengajukan berkas tersebut ke ULP untuk proses lelang kegiatan.

“Kami targetkan akhir bulan ini berkasnya sudah bisa kita naikkan. Jika tidak ada halangan, pekerjaan fisik pembangunan jaringan air bersih, akan dilaksanakan di bulan Maret 2020 mendatang,” ujarnya.

Zum juga menargetkan, akhir tahun 2020 mendatang, sebanyak 226 keluarga sudah dapat menikmati air bersih yang bersumber dari PDAM Tirta Selagan.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya maksimal agar seluruh rumah milik warga bisa tersambung jaringan air bersih, meskipun hal itu tidak dapat dilakukan sekaligus. “Kondisi dilapangan saat ini, hanya sekitar 30 persen masyarakat yang ada di Kabupaten Mukomuko telah menikmati air bersih dari PDAM. Sedangkan 70 persen belum. Kami akan terus berupaya mengusulkan anggaran ke pemerintah pusat untuk pemasangan jaringan air bersih di rumah masyarakat di daerah ini,” lanjutnya. (900)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*