226 Rumah Tak Layak Huni di Kaur Bakal Direnovasi

Drs. M.Thabri

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Program bedah rumah tak layak huni (RTLH) atau reot di Kabupaten Kaur melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tetap ada ditahun 2021 ini, meskipun di tengah-tengah pandemi Covid-19. Kali ini sebanyak 226 RTLH yang ada di Kabupaten Kaur bakal segera direnovasi oleh Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Kabupaten Kaur.

“Tahun 2021 ada sekitar 226 RTLH akan kita renovasi secara gratis, renovasi rumah ini melalui program BSPS Provinsi Bengkulu,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kaur, Drs. M. Thabri, Rabu (20/1).

Dikatakan Thabri, 226 RTLH yang bakal direnovasi ringan itu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pusat tahun 2021 itu, dengan rincian Kecamatan Muara Sahung Desa Bukit Makmur 32 unit, Sumber Makmur 50 unit, Muara Sahung 41 unit, Kecamatan Nasal Desa Tebing Rambutan 58 unit dan Tri Jaya 55 unit. Dimana nanti setiap rumah bakal mendapatkan bantuan Rp 17,5 juta dengan rincian untuk bahan material sebesar Rp 15 juta dan upah pekerjaan sebesar Rp 2,5 juta.

“RTLH tahun ini hanya dua Kecamatan dapat Muara Sahung dan Nasal, kalau tidak ada perubahan renovasi rumah ini akan kita laksanakan di awal Maret dan kini kita sedang melakukan verifikasi penerima bedah rumah ini,” terangnya.

Ditambahkannya, ditahun 2020 lalu ada 404 rumah warga Kaur yang menerima program BSPS yang tersebar di Kecamatan Nasal dan Kecamatan Maje. Dimana penerima bantuan ini mereka yang benar-benar miskin dan menetap di desa setempat, dan bukan milik orang lain atau pun mengontrak. Juga dirinya berharap ke depan kuota penerima bantuan bedah rumah di Kaur dapat ditingkatkan sehingga jumlah rumah tidak layak huni di daerah tersebut dapat berkurang dengan signifikan.

“Program BSPS adalah salah satu upaya Kementerian PUPR untuk mendorong ketersediaan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Kaur. Kita harap dengan program ini tentunya nanti dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Kaur,” harapnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*