226 Personel Polres Disuntik Vaksin, 25 Personel Ditunda

Bakti/BE
VAKSIN : Kepala Dinkes Benteng, Ns Gusti Miniarti SKep MH saat melihat langsung proses penyuntikan vaksin Covid-19 kepada Kapolsek Talang Empat, Kamis (4/3).

BENTENG, BE – Penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap sebanyak 226 orang personel Kepolisian Resort (Polres) Bengkulu Tengah (Benteng) dilaksanakan di Mapolres Benteng, Kamis (4/3) pagi.
Sebelum disuntik vaksin, semua personel menjalani proses screening yang dilakukan oleh petugas vaksinator Dinas Kesehatan (Dinkes) Benteng. Dimulai dari pengecekan tekanan darah serta konfirmasi jika ada penyakit lain.
Kepala Dinkes Benteng, Ns Gusti Miniarti SKep MH, didampingi Kabid P2PL, Barti Hasibuan SKM mengatakan, vaksinasi personel Polres dilakukan secara massal dan dijadwalkan tuntas dalam kurun waktu 1 hari. Sebab itulah, Dinkes Benteng melibatkan tim medis dari 3 fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) terdekat. Yaitu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Benteng, Puskesmas Ujung Karang dan Puskesmas Karang Tinggi.
“Vaksinasi terhadap Nakes telah selesai. Untuk petugas pelayan publik, yang disuntik vaksin pertama adalah anggota Polri,” kata Gusti.
Untuk jenis vaksin, aku Gusti, pihaknya masih menggunakan jenis Sinovac. Hanya saja, perbedaan dengan vaksin yang disuntik kepada Nakes ada pada kemasan. Pemerintah membeli vaksin Sinovac dan melakukan pengemasan kembali.
“Jenisnya masih Sinovac dan dikemas oleh Biofarma. Karena berbeda kemasan, nama vaksin berubah menjadi Sinovar,” terangnya.
Gusti menambahkan, sasaran yang termaduk kedalam petugas pelayan publik ada 13 kategori. Diantaranya adalah personel Polri, TNI, Kejaksaan, KPU, Bawaslu, Perbankan, petugas bandara, terminal, PLN, PDAM, serta petugas pelayan masyarakat lainnya.
Bahkan, para pedagang pasar juga masuk kedalam petugas pelayan publik dan Dinkes telah mengerahkan tim medis di seluruh Fasyankes/ Puskesmas untuk melakukan pendataan pedagang di semua pasar se-Kabupaten Benteng. Saat ini, jumlah vaksin yang baru diterima di gudang farmasi Dinkes Benteng berjumlah sebanyak 90 vial atau kurang lebih cukup untuk 900 orang.
“Setelah anggota Polres, vaksinasi akan dilanjutnya kepada personel TNI dan para guru,” imbuhnya.
Terpisah, Kapolres Benteng, AKBP Ary Baroto SIK MH, melalui Kabag Ops, Kompol Januri Sutirto mengatakan, dari semua personel yang diusulkan disuntik vaksin, terdapat 25 orang yang terpaksa ditunda. Alasanya, mereka sudah pernah terkonfirmasi positif Covid-19 dan belum lewat dari 3 bulan. Diantaranya, Kapolres Benteng, Waka Polres dan anggota Polres lainnya.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*