22 Puskesmas Dapat Bantuan

Foto : Ist

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 22 Puskesmas di Bengkulu Utara akan mendapatkan kucuran bantuan. Bantuan ini akan digelontorkan oleh Kementerian Kesehatan melalui Dana Operasional Kesehatan (DOK).  Hanya saja besaran dan jumlah yang akan diterima oleh masing-masing Puskesmas masih dirumuskan kembali berdasarkan luas dan jumlah kegiatan dari masing-masing Puskesmas.



Kabid Kesmas Dinkes Bengkulu Utara, Nova Hendriani, SKM, MKes menerangkan bahwa bantuan ini akan diserahkan langsung ke masing-masing Puskesmas, yang mana nantinya akan digunakan untuk menunjang pelayanan kesehatan di Pukesmas bersangkutan, mencakup biaya operasional, penunjang dana akreditasi dan jaminan persalinan masyarakat di wilayah kerja. Sehingga diharapkan bisa mengurangi beban Puskesmas sehingga bisa memberikan pelayanan yang lebih optimal.

“Mengenai besaran yang akan diterima masih kita rumuskan kembali, karena kita harus melihat beban kerja yang diemban oleh Puskesmas yang ada,” jelas Nova.

Nova menambahkan, untuk sistem pendistribusiannya sendiri akan menggunakan sistem non tunai yakni transfer ke rekening Puskesmas. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. “Kita harap dengan adanya bantuan ini nantinya bisa menjadi pemacu semangat tim Puskesmas, sehingga pelayanan untuk masyarakat bisa tersalurkan dengan baik dan juga bisa mendukung program pemerintah kedepan,” harapnya. (127)