22 PPL Terima Tornas Baru

IRUL/Bengkulu Ekspress TERIMA: Para PPL saat memperlihatkan Tornas yang ia terima dari Dispertan Kaur, Kamis (13/6).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Sebanyak 22 penyuluh pertanian lapangan (PPL) baik Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) maupun ASN kemarin menerima motor dinas (Tornas) baru jenis Honda Revo Fit dai pemerintah. Pembagian Tornas ini merupakan langkah pemerintah memberikan kemudahan transportasi kepada para penyuluh agar dapat dengan mudah berkomunikasi dengan petani.

“Ada 22 Tornas yang kita salurkan itu dari APBN untuk penyuluh pertanian yang mana Tornasnya sudah tak layak pakai lagi,” kata Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur, Nasrur Rahman SHut MSi kemarin (13/6).

Dikatakan Nasrur, sebenarnya THL sebanyak 37 orang ditambah dengan ASN sudah memiliki Tornas, namun kendaraan yang mereka gunakan sudah uzur dan berumur diatas 10 tahun. Namun sebagian dari itu sudah rusak parah bahkan ada yang sudah tak bisa lagi digunakan. Sehingga pihaknya menyeleksi mana mana yang kendaraannya sudah tak layak digunakan lagi.

“Ini tahap awal ini yang kendaraannya benar-benar rusak kita berikan Tornas, sedangkan sisanya akan menyusul dalam pengadaan selanjutnya,” terangya.

Ditambahkannya, Tornas itu menurutnya merupakan kebutuhan wajib penyuluh, sebab rentang jarak antara satu desa dengan desa lainnya tentu tak bisa ditempuh dengan berjalan kaki, bahkan ada penyuluh yang wajib memberikan pendampingan dengan petani hingga dua tiga desa yang jaraknya cukup jauh.  “Untuk tahap awal ini belum semua penyuluh kebagian tornas, namun nantinya akan menyusul dalam program selanjutnya,” tandasnya.(618)