2,1 Ton Pakan Ikan Disaluran

Foto : Kabid Perikanan Budidaya, Zainal Abidin

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 2,1 ton pakan ikan telah disalurkan kepada 3 (tiga) kelompok budidaya ikan (Pokdakan) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng). Yakni Kelompok Pelabuhan Jaya, Kelompok Anak Simpang dan Pokdakan Lele Kencana yang berada di wilayah Kecamatan Taba Penanjung.

Kepala Bidang (Kabid) Perikanan Budidaya Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Benteng, Zainal Abidin menjelaskan, bantuan telah disalurkan kepada seluruh kelompok penerima beberapa waktu lalu.

“Setiap kelompok menerima bantuan pakan sebanyak 700 kilogram (Kg). Pada tahun 2018 ini, ada 3 Pokdakan yang mendapat bantuan,” ungkap Zainal.

Dijelaskan dia, bantuan yang diberikan berasal dari dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi Bengkulu. “Bantuan merupakan tindaklanjut atas usulan yang disampaikan tahun 2017 lalu,” tambahnya.Lebih lanjut, Zainal menuturkan, pihaknya masih memberikan peluang kepada masyarakat terutama pemilik kolam ikan untuk terus mengembangkan usaha.



Sebab itulah, Zainal mengimbau kepada Pokdakan agar segera menyampaikan usulan bantuan yang telah disetujui oleh Kepala Desa (Kades) dan penyuluh perikanan wilayah masing-masing.

“Sejauh ini, usulan proposal yang diterima sudah cukup banyak. Ini akan kita sampaikan ke Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu agar bisa menyaluran bantuan kembali pada tahun 2019 mendatang,” harap Zainal.(135)