204 Unit Rumah Tak Layak Huni di Kaur Bakal Direnovasi

Lenusdin

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Peningkatan kualitas rumah tidak layak huni (RTLH) milik masyarakat melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kabupaten Kaur terus digalakkan Pemerintah. Kali ini sebanyak 204 RTLH yang berada diwilayah Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur bakal segera direnovasi oleh Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Kabupaten Kaur.

“Ya untuk program BSPS tahap dua tahun 2020 ini ada sekitar 205 rumah warga di Kecamatan Nasal yang tidak layak huni akan kita renovasi secara gratis,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kaur Drs. M. Thabri, melalui Kabid Perumahan Lenusdin N ST, Senin (12/10).

Dikatakannya, 204 RTLH itu segera dibedah ringan itu melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) murni dari Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pusat itu, dengan rincian Desa Sinar Banten 62 unit, Desa Tebing Rambutan 58 unit, dan Desa Tri Jaya 84 unit. Dimana nanti per rumah akan mendapatkan bantuan Rp 17,5 juta dengan rincian untuk bahan material sebesar Rp 15 juta dan upah pekerjaan sebesar Rp 2,5 juta.

“RTLH ini semuanya di Kecamatan Nasal, dan kalau tidak ada perubahan renovasi rumah ini akan kita laksanakan di awal September dan untuk bedah rumah tahap awal kemarin sudah selesai kita kerjakan,” terangnya.

Ditambahkannya, pada tahap satu program BSPS tahun 2020 di Kabupaten Kaur ada sekitar 200 unit RTLH yang direnovasi pemerintah, dimana 200 unit itu tersebar di Desa Parda Suka 37 unit, Sinar Mulya Kecamatan Maje 50 unit, Suku Tiga 38 unit dan Desa Air Batang Kecamatan Nasal 45 unit.

Dimana penerima bantuan ini mereka yang benar-benar miskin dan menetap di desa setempat, dan bukan milik orang lain atau pun mengontrak, sebab tujuan bedah rumah ini untuk membantu warga yang kurang mampu dan dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk diwilayah itu dengan memiliki hunian yang layak ditempati.

“Tahun 2021 kita upayakan dapat lebih banyak lagi rumah yang akan direnovasi ini, dan kita nanti prioritaskan di Kecamatan Muara Sahung, Luas dan Kaur Tengah. Melalui program ini tentunya nanti dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat,” jelasnya.(irul)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*