2022, Hotmik Jalan Mangga Mukomuko Dilanjutkan

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com– Jalan penghubung Desa Rawa Mulya – Danau Nibung Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko sepanjang 3 kilometer selesai dihotmix tahun 2020 ini. Sedangkan 1 kilometer lagi akan di lanjutkan tahun 2022 mendatang.
“Akibat kultur tanah yang masih labil, sekitar 1 kilo meter lagi tepatnya di jalan mangga yang menghubungkan Desa Rawa Mulya – Danau Nibung, Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko belum dihotmik, akan tetapi dilanjutkan tahun 2022 mendatang,” ungkap Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Budiarto.
“Kondisi kultur tanahnya gambut, jika dipaksakan di hotmix tahun ini dan tahun depan, pembangunan itu tidak akan bertahan lama. Tahun ini kita padatkan dulu, dan tahun 2022 baru di hotmix,” jelasnya.

Untuk mempercepat pengeringan lahan gambut sepanjang 1 kilo meter, Pemkab Mukomuko telah membuat parit jalan dengan kedalaman sekitar 2 meter di kanan dan kiri badan jalan mangga. Diharapkan dengan adanya parit jalan, maka lahan gambut di jalan Mangga cepat kering. “Sebelum ada bangunan parit, setiap seminggu
sekali harus menimbun badan jalan karena anjlok ke bawah. Selama ada parit di kanan dan kiri jalan, badan jalan tidak anjlok
lagi. Kami pastikan, tahun 2022 mendatang, badan jalan itu sudah kuat dan siap untuk dihotmik,” katanya.
Sedangkan untuk merealisasikan hotmik jalan Mangga sepanjang 1 kilo meter itu, pihaknya akan mengusulkan anggaran lebih dari Rp 2 miliar ke pemerintah. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*