2021, Ponpes Al-Irsyad Kepahiang Mulai Rekrut Santri

KEPAHIANG, BE – Pondok Pesanteren (Ponpes) AL-Irsyad Kabupaten Kepahiang menargetkan rekrutmen santri pada semester pertama tahun depan. Pesanteren yang merupakan cabang dari Ponpes Tebu Ireng Jombang Jawa Timur ini menargetkan sudah menerimah santri-santriwati Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk mondok di Ponpes yang berada di Desa Kandang Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang.
Pengasuh Ponpes Al-Irsyad Kabupaten Kepahiang, KH Mudahri SAg MH menjelaskan nantinya santri dan santriwati Tsnawiyah akan mondok, sementara untuk tingkat MI masih dibolehkan pulang ke rumah.
“MI bisa diantar jemput kalau MTs kita harapkan sudah bisa mondok sesuai dengan kapasitas asrama yang tersedia nantinya,” ungkap Mudahri.
Sebelumnya, kerja sama dengan Pondok Pesanteren (Ponpes) Tebuireng Jombang Jawa Timur dengan Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kepahiang sepakat mendirikan Ponpes baru di wilayah Kepahiang. Ponpes baru ini diberi nama Irsyadut Tholibin disingkat Al-Irsyad, nantinya proses belajar mengajar akan mengadopsi sistem atau pola pendidikan yang sama di Ponpes Tebu Ireng milik Hadhrotussyekh KH Hasyim Asy’ari. Pembangunan tahap awal untuk sarana pendidikan Ponpes Irsyadut Tholibin telah dilakukan oleh para tokoh-tokoh Muslim diantaranya KH Mudahri SAg MH, Ustadz Rabiul Jaya, KH Zulkarnail Dali dan Pengasuh Ponpes Tebu Ireng Gus Fahmi. Pembangunan Ponpes langsung bangun masjid dan ruang belajar para santri. “Melihat progres pembangunan dan antusias yang ada, Insha Allah kami menargetkan tahun ajaran baru nanti (2021) Pesanteren Irsyadut Tholibin sudah bisa menerima santri,” ungkap KH Mudahri.
Mudahri mengatakan Ponpes Irsyadut Tholibin akan menerapkan secara langsung sistem atau cara pendidikan santri dan santri wati seperti Ponpes Tebu Ireng. Karena ada kerjasama yang erat antara Ponpes Irsyadut Tholibin dan Ponpes Tebu Ireng, tentunya bisa jada para pengajar nantinya berasal dari Tebu Ireng. (320)