2021, Mukomuko Raih DAK Rp 17 Miliar

MUKOMUKO, bengkuluekspress.com – Tahun 2021 mendatang Kabupaten Mukomuko mendapatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan jalan, air bersih dan rehab irigasi sebesar Rp 17 miliar lebih.
“Total DAK yang kita terima untuk tiga item tersebut sebesar Rp 17 miliar lebih,” sampai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mukomuko, Ruri Irwandi ST MT di konfirmasi BE, Senin (23/11). Belasan miliar rupiah itu, terbesar diperuntukan pembangunan infrastruktur jalan sebesar Rp 11,1 miliar lebih.

Untuk air bersih Rp 4,4 miliar dan untuk rehab irigasi Rp 1,6 miliar lebih. Meskipun plot anggaran sudah ada, kata Ruri,untuk teknis lainnya masih menunggu konsultasi regional (Konreg) dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI. Sehingga dalam pelaksanaan nantinya sejalan dan sinkron serta dalam upaya mensinergikan RPJMD denganRPJMN 2020-2024 di Kabupaten Mukomuko. Artinya akan ada sinergi pembangunan antara daerah dengan pusat. “Konsultasi regional ini sangat penting dalam upaya menyatukan serta mensinergikan antara program pemerintah pusat dan daerah sebagai langkah mendorong pembangunan di setiap daerah. Dan dari sinilah pemerintah daerah berintegrasi dengan program pemerintah pusat,” jelasnya.

Meskipun masih menunggu Konreg, untuk plot anggarannya sudah diketahui, dan nantinya akan disesuaikan pula dengan kebutuhan dan skala prioritas di daerah.
“Yang jelas, DAK mencapai Rp 17 miliar lebih itu, keseluruhannya untuk membangun daerah dan kepentingan masyarakat luas. Walaupun nantinya direalisasikan bertahap, yang disesuaikan dengan ketersediaan anggaran. Contohnya untuk air bersih, akan melanjutkan penambahan jaringan yang saat ini telah di bangun di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko dan Kecamatan Air Manjunto,” lanjutnya. (900)