2020, Semua Puskesmas Rawat Inap

Foto : IST

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Tahun 2020 depan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Kepahiang akan menjadi Puskesmas rawat inap. Setelah Puskesmas Batu Bandung Kecamatan Muara Kemumu mendapatkan kucuran dana pembangunan 2019 sebesar Rp 2 miliar. Puskesmas Desa Batu Bandung tersebut 2020 akan melaksanakan rawat inap.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kepahiang, Saprialis Gani SKM mengutarakan, jika fasilitas di Puskesmas Batu Bandung akan sama dengan fasilitas-fasilitas Puskesmas di pusat perkotaan. Sehingga pelayanan kesehatan dapat dilaksanakan lebih maksimal di pusat kota Kecamatan Muara Kemumu tersebut.

“Jadi pelayanan kesehatan bagi warga yang sakit, jika masih bisa dirawat Puskesmas tentunya warga tidak harus dibawa ke RSUD Kepahiang fasilitas yang dimiliki nantinya sama dengan fasilitas rawat inap lainnya,” tegas Saprialis, Jum’at (11/1).

Saprialis menjelaskan, setelah selesai pembangunan Puskesmas Rawat Inap di Desa Batu Bandung maka seluruh Puskesmas di Kabupaten Kepahiang sudah menjadi rawat inap. Selain itu, melaksanakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sehingga diharapkan seluruh pelayanan kesehatan di jajaran Dinkes bisa dilaksanakan secara optimal.

Hingga warga masyarakat yang sakit tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk berobat kepusat perkotaan. “Di Puskesmas juga ada dokter yang siaga, karena Puskesmas rawat inap juga dibangun rumah dinas untuk perawat dan dokter di area puskesmas,” tuturnya.

Sebelumnya, secara bertahap pembangunan fasilitas rawat inap Puskesmas sudah dilaksanakan Puskesmas Kabawetan, Durian Depun, Ujan Mas, Bermani Ilir, Tebat Karai, Talang Babatan dan tahun lalu Puskesmas Pasar Kepahiang. (320)