2020, Promosi Wisata Digencarkan

foto;ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang mulai tahun 2020 akan gencar melaksanakan promosi pariwisata. Sehingga kunjungan wisatawan bisa meningkat untuk berwisata di Kabupaten Kepahiang.  Agenda tersebut dapat dilaksanakan karena pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata di Kabupaten Kepahiang ditargetkan tuntas tahun ini. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan kawasan argo wisata di Kecamatan Kabawetan sudah bisa disediakan secara penuh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang.

Sejak tahun 2018 lalu, Pemkab Kepahiang telah menggenjot pembangunan infrastruktur objek wisata. Mulai dari mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melakukan pelebaran badan jalan utama menuju wilayah kabawetan. Membangun sarana penunjang race area yang meliputi sarana toilet, musala serta penuntasan pembangunan ikon baru Kepahiang Mountain Valley berupa tulisan raksasa ditengah-tengah area perkebunan teh.



“Sebagai daerah yang mayoritas pegunungan dan lembah, Kabupaten Kepahiang tidak memiliki banyak potensi pertambangan. Karena sebagai besar wilayah masuk dalam kawasan hutan lindung hingga tidak bisa dieksplor secara luas. Maka pemerintah memutuskan pengembangan objek wisata, sehingga sarana dan prasara penunjung kawasan pariwsiata,” tutur Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sajhid MM IPU.

Target penuntasan pembangunan infrastruktur wisata ditegaskan langsung Bupati Kepahiang dalam beberapa kesempatan. Diantaranya saat kunjungan kerja Menteri KPDTT Eko Putro Sandjojo beberapa waktu lalu. Penyelesaian pembangunan insprastruktur pariwisata guna menyambut tahun pegelaran pariwisata Wonderful Bengkulu 2020 yang jatuh tahun depan.

“Program kita di Kabupaten Kepahiang mendukung pencanangan program wisata bapak Gubernur Visit Wonderful Bengkulu 2020, jadi kami di Kabupaten Kepahiang membangun sarana prasarana penunjang wisata yang akan kita tonjolkan kemasyarakat luar. Insya Allah tahun ini pembangunan infrastrutur yang dari kita selesai dibangun,” ungkap Bupati.

Fasilitas penunjung wisata yang sudah dibangun Pemkab Kepahiang diantaranya race area meliputi kebutuhan kamar mandi dan toilet. Fasilitas area parkir, auning pedagang sovenir khas Kabupaten Kepahiang.Homstay atau penginapan jadi salah satu kebutuhan dasar dikawasan objek wisata. Karena para wisatawan terutama dari luar daerah membutuhkan tempat menginap sementara disaat berlibur.

Sementara Plt Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinas Parpora) Kepahiang, Nuriansyah ST mengatakan, tahun ini berbagai fasilitas wisata kembali akan dibangun pemerintah diantaranya pengerasan jalan rest area Kabawetan, destinasi wisata TWA Bukit Hitam, pusat kuliner taman Santoso, gazebo rest area 6 serta perencanaan awal pembangunan Waterboom Kabawetan.  “Semua fasilita objek wisata yang ditargetkan pemerintah terus dibangun. Sehingga tahun 2020 fasilitas sudah siap untuk menyambut kunjungan wisatawan,” tutur Nuriansyah. (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*