2020, Pemkab Kepahiang Habiskan Dana Rp 747 Miliar


Ist/BE
Bupati Kepahiang, Hidayattullah serahkan LKPJ APBD 2020 kepada pimpinan DPRD Kepahiang.

KEPAHIANG,bengkuluekspress.com – Tahun lalu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang serta jajaran menghabiskan dana mencapai Rp 747 miliar lebih. Anggaran tersebut digunakan untuk memenuhi belanja daerah, meliputi gaji ASN, pembangunan infrastruktur, anggaran pendidikan hingga kesehatan selama tahun 2020.
Bupati Kepahiang, Hidayattullah Sjahid mengatakan, alokasi anggaran belanja daerah dan transfer sebesar Rp 864 miliar dan terealisasi sebesar Rp.747 miliar atau sebesar 86,49 persen dengan alokasi anggaran pendidikan sebesar Rp.172 miliar dan Sektor kesehatan Rp. 140 miliar
“Itu semua gambaran belanja daerah ditahun 2020 yang sudah dituapkan dalam bentuk laporan (LKPJ,red),” ungkap Hidayattullah kepada anggota DPRD dalam sidang paripurna.

Disampaikan Hidayat, pelaksanaan APBD Kabupten Kepahiang disusun dalam bentuk realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2020, terdiri dari pendapatan daerah dianggarkan dalam APBD Tahun 2020 sebesar Rp 754 miliar dengan realisasi sebesar Rp.713 miliat atau mencapai 94,65 persen.
Lalu belanja daerah dianggarkan dalam APBD sebesar Rp.722 miliar dengan realisasi sebesar Rp. 606 miliar atau mencapai 84,00 persen.
” LKPJ ini mengacu pada PP 13 tahun 2019 tentang Laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah,” kata Hidayat.

Bupati menambahkan, muatan LKPJ terhadap pengelolaan keuangan daerah secara makro termasuk pendapatan dan Belanja adalah pengelolaan pendapatan meliputi pendapatan asli daerah, pendapatan transfer dan lain-lain pendapatan yang sah, target dan realisasi pendapatan asli daerah, permasalahan dan sulusi, selanjutnya pengelolaan belanja daerah meliputi belanja tidak langsung, rencana belanja dan transfer daerah,target dan realisasi belanja daerah, permasalahan dan solusi. (320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*