2020, Lantai Satu MA Berfungsi

Doni/Bengkulu Ekspress
TAHAP PEMBANGUNAN: Kondisi Masjid Agung Kabupaten Kepahiang yang masih dalam tahap pembangunan dengan serapan anggaran sudah Rp 10 Miliar. Pembangunan dilanjutkan tahap tiga dengan anggaran Rp 10 miliar tahun 2019.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress– Dengan total dana yang sudah habis sebesar Rp 20 miliar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang menargetkan lantai satu Masjid Agung (MA) tahun 2020 sudah berfungsi. Sehingga seluruh kegiatan keagamaan di jajaran Pemkab Kepahiang akan diarahkan menggunakan fasilitas terbesar di Kabupaten Kepahiang tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kepahiang, Zamzami Zubir SE MM mengatakan, tahun 2019 dana pembangunan tahap tiga Masjid Agung sebesar Rp 10 miliar. Anggaran tersebut untuk menyelesaikan pembangunan atap, kubah, tempat wuduh hingga lantai satu.



“Lantai satu ditargetkan selesai pengerjaannya, diperkirakan tuntas 50 persen sehingga lantai satu sudah bisa dimanfaatkan,” terang Zamzami.

Setelah tuntas pengerjaan tahap tiga tahun ini, panitia pembangunan memperkirakan pengerjaan akan tuntas dalam dua tahun depan dengan catatan APBD Kabupaten Kepahiang bisa mensuplai dana Rp 10 miliar dalam satu tahun.  “Mungkin dua tahun lagi selesai dangan anggaran pembangunan Rp 10 miliar setiap tahunnya,” tuturnya.

Masjid Agung mulai direalisasikan pembangunan oleh Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM IPU tahun 2016. Dengan gelontoran dana awal sebesar Rp 5 miliar. Kemudian tahun 2017 dilanjutkan pembangunan tahap dua dan kembali menghabiskan dana Rp 5 miliar. Kemudian tahap ketiga tahun 2019 Pemkab Kepahiang mengebut laju pembangunan dengan mengucurkan dana pembangunan sebesar Rp 10 miliar.  Selain itu, Pemkab Kepahiang saat ini tengah melakukan poling pencarian nama Masjid Agung dengan menyebarkan poling kemasyarakat melalui Kades, Ormas dan OPD. (320)