2020, Cetak Sawah Dilanjutkan

cetak_sawah_baru-mukomuko
Foto : IST

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Program cetak sawah baru masih ada peluang untuk dilanjutkan tahun 2020 mendatang.Ini melihat respon pemerintah pusat dan dukungan Pemkab Mukomuko untuk mewujudkan program swasembada beras sangat besar dan optimis. “Usulan cetak sawah akan terus kami lakukan.Usulan kami sampaikan lebih dari 1.000 hektar sesuai data survei investigasi desaian (SID) yang telah dilaksanakan oleh tim dari Dispertan,” sampai Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Heri Prastyono SSTP ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress (BE).

Adapun untuk lahan yang lebih banyak diusulkan mendapatkan program cetak sawah itu adalah lahan perkebunan kelapa sawit milik masyarakat.Termasuk lahan rawa maupun lahan semak belukar yang sudah ada bangunan jaringan irigasinya.



“Lahan rawa dan semak belukar juga menjadi target kami untuk mendapatkan program cetak sawah baru. Dengan harapan perluasan lahan persawahan di daerah ini terrealisasi dengan maksimal,”harapnya.

Sedangkan rencana cetak sawah baru tahun 2019 ini, seluas 200 hektar urung dikerjakan. Pasalnya,anggaran untuk kegiatan tersebut melalui APBN belum direalisasikan.Tidak hanya untuk kabupaten Mukomuko saja, termasuk beberapa kabupaten dalam wilayah Indonesia juga mengalami hal yang sama. “Informasi yang kita peroleh,tidak hanya Kabupaten Mukomuko saja. Bahkan di Provinsi Bengkulu ini, tidak ada satupun kegiatan cetak sawah baru dan berpeluang pada tahun 2020 mendatang,”ungkap Heri Prastyono.(900)