202 CJH Ikut Bimbingan Manasik Haji

Wabup BU Arie Septia Adinata SE MAP membuka biimbingan manasik haji bagi CJH BU, kemarin (9/3).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress -Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) dan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten BU menggelar bimbingan manasik bagi calon jamaah haji (CJH) BU di Masjid Agung Kota Arga Makmur, kemarin.

Bimbingan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati BU Arie Septia Adinata, SE MAP dan diikuti 202 peserta.Wakil Bupati BU, Arie Septia Adinata SE MAP mengatakan kegiatan manasik haji ini merupakan salah satu bekal persiapan untuk ibadah haji di tanah suci nanti.

“Ya biimbingan ini merupakan salah satu bekal bagi CJH dalam menjalankan ibadah haji,” kata Arie.

Arie menambahkan, selain bimbingan manasik, para CJH juga harus menanamkan kerendahan hati, serta saling memaafakan antar sesama sehingga CJH semuanya beri kemudahan dalam keberangkatan dan ibadahnya oleh allah SWT.

Selain itu, juga tidak kalah pemtingnya para CJH BU menjaga kesehatan, menjaga pola makan, dan gerak serta fikiran.Karena dengan keadaan sehat itulah para jaamah dapat melaksanakan ibadah dengan khusuk dan baik.

“Selain dengan bimbingan, para CJH harus juga memperhatikan kesehatan agar semua pelaksanaan haji nantindapat berjalan dengan baik. Dan untuk masalah fasiltas di tanah suci di Mekah maupun Madinah, seluruhnya telah dipersiapkan oleh pemerintah, diharap hal tersebut tidak dijadikan beban fikiran oleh CJH BU,” ujarnya.

Terkait dengan virus corona, dirinya meminta kepada seluruh CJH agar tidak terlalu khawatir terhadap wabah corona yang menjadi isu dunia saat ini.

Pemkab dan Kemenag terus melakukan evaluasi terhadap kekurangan- kekurangan dalam pelaksanaan haji agar terus baik kedepannya.”Terkait virus corona tidak usah gelisah, tidak usah bingung. Karena larangan yang sekarang untuk umrah. Untuk haji masih lama di bulan Juni, sekarang kita semua diminta untuk berdoa agar musibah atau wabah corona cepat bisa terisolasi dan cepat terselesaikan,” ungkapnya.Manasik haji tahun 2020 ini dilaksanakan sebanyak 4 kali.(127)