2019, Lapas Anak Dibangun

SURVEI - Kepala DPKPP Benteng, Drs Hendri Donal SH MH meninjau lahan yang akan dihibahkan ke Kemenkum dan HAM sebelum dibangun Lapas khusus anak
IST/Bengkulu Ekspress
SURVEI : Kepala DPKPP Benteng, Drs Hendri Donal SH MH meninjau lahan yang akan dihibahkan ke Kemenkum dan HAM untuk pembangunan lapas khusus anak, beberapa waktu lalu.

BENTENG, Bengkulu Ekspress -Rencana pembangunan Lembaga Pemasyarakatan(Lapas) Khusus Anak di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan segera terealisasi. Dari hasil koordinasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkum dan HAM) Provinsi Bengkulu, pembangunan Lapas khusus anak dimulai pada tahun 2019 mendatang.

“Pada tahun 2019, Lapas khusus anak akan dibangun di Kabupaten Benteng. Ini sudah disepakati,” kata Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Benteng, Drs Hendri Donal SH MH, Senin (17/9).

Dijelaskan Hendri Donal, semua biaya pembangunan Lapas nantinya akan ditanggung Kemenkum dan HAM. Sebelum itu, Pemda Benteng hanya menyiapkan lahan. Luasan lahan yang disiapkan adalah sekitar 2 hektare (Ha) dan berlokasi tak jauh dari MAN IC Kabupaten Benteng.

“Kita (Pemda Benteng,red) hanya diminta untuk menyiapkan lahan yang siap untuk dibangun. Artinya, lahan tersebut telah dimatangkan dan memiliki akses jalan,” tambahnya.

Mewujudkan hal itu, sambung dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis, yakni Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Benteng agar menyusun kebutuhan biaya yang diperlukan untuk mematangkan lahan untuk Lapas anak.



“Ditargetkan, pematangan dan pembuatan jalan bisa dilakukan pada awal tahun 2019. Tentunya dengan menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) murni,” terangnya.

Sesuai dengan perencanaan, Lapas anak ini nantinya akan menjadi satu-satunya Lapas bagi anak se-Provinsi Bengkulu. Sehingga, penahanan mereka bisa terpisah dengan tahanan atau terpidana dewasa.

“Semua anak yang tersangkut pidana akan di tempatkan di Lapas anak Kabupaten Benteng. Baik itu anak dari Kota Bengkulu ataupun kabupaten-kabupaten lainnya,” tutupnya.(135)