2018, Dana Kelurahan Direalisasikan

 Kabupaten Kepahiang 2018 mendatang

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang tengah memperjuangkan anggaran dana pembangunan di setiap kelurahan. Anggaran tersebut direncanakan masuk dalam pagu Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepahiang 2018 mendatang. Sehingga ditahun depan pihak kelurahan memiliki anggaran untuk pembangunan fisik seperti jalan lingkungan dan lainnya.
Asisten 1 Setdakab Kepahiang, M Taher mengatakan, rancangan anggaran kelurahan sebesar Rp 500 juta masuk dalam prioritas Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM dalam menyusun rancangan APBD 2018 mendatang.

“Ya, ada anggaran kelurahan untuk fisik, agar tidak terjadi kecemburuan sosial, sebab saat ini adanya kelurahan yang meminta kembali menjadi desa. Karena di desa ada ADD dan DD,” kata Taher, Rabu (5/7).
Lebih lanjut Taher menuturkan, penganggaran dana tersebut masih diperjuangkan pihak eksekutif. Tentunya masih bergantung dengan kecukupan dana di APBD nantinya, dengan asumsi perkelurahan mendapatkan Rp 500 juta maka untuk 12 kelurahan di Kabupaten Kepahiang akan menyedot anggaran mencapai Rp 6 miliar.

“Dengan angka tersebut memang masih bisa dianggarkan di APBD kita, tetapi semua masih bergantung pada ketersediaan dana nantinya,” ucap Taher.
Ia juga menjelaskan, adanya prioritas pembangunan untuk kantor kelurahan baik itu direhap maupun pembangunan baru bagi kelurahan yang sejauh ini masih menyewah dirumah warga.

“Ada prioritasnya untuk perbaikan gedung maupun bangun baru bagi kelurahan yang belum memiliki kantor,” tutupnya. (320)