2017, Simpang Kompi Dilebarkan

Bengkulu
Foto: ilustrasi jalan raya

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu menargetkan tahun 2017 ruas jalan di Simpang Empat Kompi, Kota Bengkulu akan dilebarkan. Hal tersebut dilakukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi setiap hari di kawasan tersebut.

“Tahun depan Dinas PU Kota akan melebarkan jalan Denau Dendam tepatnya di Simpang 4 Kompi. Selama ini kan setiap hari di sana macet, apalagi kalau pagi,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu Syafriandi SE MSi, saat dikonfirmasi melalui via telpon, kemarin (29/12).

Lanjutnya, kemacetan yang terjadi karena volume kendaraan di Kota Bengkulu terus bertambah, sehingga ruas jalan yang ada saat ini tidak cukup untuk menampungnya.

Syafriandi menambahkan, selain akan melakukan pelebaran jalan pada Simpang 4 Kompi tersebut,  pihaknya juga berencana untuk memindahkan tugu yang berada di simpang 4 tersebut. Sehingga jalan akan semakin luas dan tidak lagi terjadi kemacetan.

“Kita sudah izin sama pihak TNI, namun baru secara lisan. Nanti tahun depan kita akan buat izin tertulisnya. Dengan dipindahkan tugu tersebut sudut jalannya bisa dipakai untuk dari Danau Dendam ke arah kompi, jadi tidak macet lagi,” paparnya.

Dijelaskannya, tahap perencanaan dan penganggaran untuk perlebaran jalan di Simpang 4 Kompi tersebut sudah dilakukan. Sehingga pada 2017 akan dilaksanakan.

“Terkait anggaran PU Kota hanya menganggarkan khusus untuk simpang 4 kompi saja. Kalau jalan Danau Dendam itu masuk jalan provinsi, jadi anggarannya di Dinas PU Provinsi. Nanti kita tender sekitar Januari atau Februari 2017,” bebernya. Menurutnya, pengerjaan pelebaran jalan simpang 4 kompi tersebut termasuk dalam paket dengan pelebaran Simpang Hotel Horizon, dan Simpang 3 Surabaya.

“Ada beberapa persimpangan yang sudah kita plot untuk dikerjakan pada 2017. Pelebaran tersebut untuk mengurai kemacetan sehingga masyarakat bisa menikmati lalu lintas tanpa macet,” tandasnya.(cw1)