2014, Bengkulu Tuan Rumah HPN

Keinginan besar Ketua dan Pengurus PWI Cabang Bengkulu untuk menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional 2014 mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak.  Tercatat Sekretaris PWI Pusat, Hendri CH Bangun merespon keinginan PWI Cabang Bengkulu. ”Segera masukkan lamaran untuk menjadi tuan rumah HPN tersebut.  Pasalnya sudah ada 3 provinsi lain yang telah menyatakan minat menjadi tuan rumah HPN 2014.  Logikanya di tahun 2014, di Indonesia bagian barat. Karena di 2013, HPN digelar di Manado Sulawesi Utara (Indonesia Timur).  Dengan demikian, 2014 di Indonesia Barat. Potensi Bengkulu terpilih sebagai tuan rumah HPN cukup besar,” tegasmya dihadapan peserta Rakernas SIWO PWI di Bengkulu, tadi malam usai jamuan makan malam yang digelar Walikota Bengkulu di Balaikota.

Pesaing Bengkulu adalah 2 provinsi yang tergolong kuat, yakni Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Bangka Belitung.  Kedua provinsi tersebut juga berada di Sumatera. ”Kelebihan Bengkulu, saat ini sudah mampu menggelar pertemuan SIWO PWI. Hal ini merupakan nilai lebih.  Namun yang terpenting, segeralah ajukan lamaran. Bahkan kalau perlu Bapak Walikota yang mengantarkan surat lamaran tersebut ke PWI Pusat.  Selanjutnya kompetisi akan dilakukan sesuai prosedur yang ada di PWI Pusat,” tegas mantan wartawan di Surat Kabar Kompas ini.

Pernyataan tersebut langsung diambar oleh Walikota Bengkulu, H. Ahmad Kanedi, SH MH.  Menurutnya, dirinya siap mengantarkan surat lamaran menjadikan Bengkulu sebagai tuan rumah HPN.  Walikota juga meyakini bahwa Plt Gubernur Bengkulu juga akan mendukung keinginan besar PWI Cabang Bengkulu tersebut.  ”Kegiatan HPN tersebut merupakan kegiatan besar yang akan kami dukung penuh.  Bengkulu sudah siap menjadi tuan rumah berbagai kegiatan berlevel nasional seperti itu.  Apalagi infrastruktur yang dimiliki Bengkulu saat ini sudah memenuhi syarat,” tegas alumni Fakultas Hukum Universitas Bengkulu ini.

Sebelumnya, Ketua PWI Cabang Bengkulu, Sukatno menegaskan keinginan besar Bengkulu untuk dapat menjadi tuan rumah HPN tahun 2014.  ”Rakernas SIWO PWI ini merupakan sasaran antara menuju ke HPN.  Kami berharap besar, rekan-rekan PWI dari seluruh Provinsi se-Indonesia yang hadir dalam Rakernas ini dapat mendukung kami menjadi tuan rumah HPN.  Kami nyatakan Bengkulu, siap mendukung kegiatan HPN 2014 tersebut,” tegasnya.

Jamuan makan malam yang digelar di Balaikota Bengkulu, kemarin digelar dengan penuh keramahtamahan.  Diawali dengan makan malam bersama, kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah antara para wartawan peserta Rakernas dengan pejabat Kota Bengkulu.  Dalam kesempatan ini, Walikota Bengkulu mendaulat Pengurus PSSI Bengkulu menyerahkan laporan perkembangan persepakbolaan di Bengkulu. Selain itu, Walikota sendiri menyerahkan plakat dan replika bendera pusaka.  ”Bendera ini merupakan replika bendera pusaka, seperti yang dijahit Ibu Fatmawati Sukarno menjelang proklamasi kemerdekaan RI. Ibu Fatmawati adalah putri Bengkulu,” tegas Walikota.(**)