2013, PT BSL Targetkan Beroperasi

KEDURANG ILIR, BE – Pihak PT Bengkulu Sawit Lestari (BSL) menargetkan tahun depan secara resmi beroperasi memproduksi minyak kelapa sawit. Hal ini diungkapkan oleh Manajer Pabrik PT BSL, Bambang Haryono kepada BE. “Mudah-mudahan pada awal tahun 2013 pabrik ini resmi beroperasi,” Katanya.
Ia mengungkapkan, saat ini proses pengerjaan pembangunan PT BSL ini sudah hampir mencapai finish karena sudah 90 persen. Bahkan dalam 2 minggu terakhir ini pihaknya sudah mulai melakukan uji coba produksi minyak kelapa sawit. Dari hasil uji coba tersebut, Bambang optimis proses pengerjaan selesai dalam tahun 2012 ini dan tahun 2013 mendatang sudah bisa mulai memproduksi minyak kelapa sawit secara besar-besaran.
“Jika sudah 100 persen pengerjaan proyek ini atau sudah selesai, maka setiap jamnya mesin kami akan mampu memproduksi 30 ton perjam,” ucapnya.
Ditambakannya, untuk limbah pabrik saat ini pihaknya telah menyiapkan lubang penampungan limbah sebanyak 4 buah. Sehingga dia yakin semua limbah pabrik akan tertampung ke lubang tersebut dan tidak akan mencemari lingkungan. Selain itu, setiap 3 bulan sekali pihak PT ini akan melaporkan kondisi perusahaan berikut limbahnya ke Pemkab BS.
Ditambahkannya, PT BSL ini siap menampung semua kelapa sawit yang ada di Kabupaten BS. Jadi petani di BS tidak harus keluar daerah lagi untuk menjual buah segar kelapa sawitnya. “Saya melihat potensi kelapa sawit di BS ini cukup besar, dan PT ini akan mampu menampung semua buah kepala sawit tersebut,” terangnya.(369)