2013, Embarkasi Haji Antara, Siap

BENGKULU, BE – Tahun 2013 mendatang, embarkasi Haji Antara Bengkulu siap beroperasi.  Sehingga calon jamaah haji (CJH) tidak perlu lagi menginap di embarkasi haji Padang.  Persiapan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan stakeholder lainnya sudah hampir matang. “Jadi kami sudah rapat persiapan embarkasi  haji antara.  Stakeholder lainnya yang terlibat sudah siap, dan memberikan dukungan sehingga 2013 sudah siap jalan,” kata Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Pemprov Drs H Kurniadi Sahab, kemarin.

Ia mengatakan kesiapan stakeholder lainnya yang terkait antara lain Kantor Imigrasi, Kanwil Kemenkum dan Bandara Fatmawati Bengkulu, serta Kementerian Agama (Kemenag) dan dinas instansi lainnya.  “Saat ini, masing-masing instansi sedang membuat rangkuman, apa-apa saja yang harus dilakukan,” katanya.

Ditambahkannnya minggu ketiga Desember nanti, tim  akan melakukan studi banding ke Provinsi Lampung.  Untuk mengetahui proses pengelolaan embarkasi haji antara. “Hasil studi banding kita jadikan acuan,  karena tahun 2013 diupayakan sudah beroperasi,” katanya.
Selain itu pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Angkasa Pura Padang dan  PT Garuda Airlines.  Hal  tersebut terkait pengaturan jadwal pemberangkatan CJH dari Bandara Fatmawati ke Bandara Padang. “Itulah langkah-langkah yang harus kita lakukan,” katanya.

Persiapan selanjutnya adalah penetapan kuota haji yang akan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu. Pihaknya akan melakukan verifikasi terhadap waitinglist haji (daftar tunggu) yang sekarang sudah mencapai ribuan. “Kuota haji nanti pemerintah provinsi yang akan menata. Seluruh calon jamaah haji akan diverifikasi secara faktual, untuk mengantisipasi eksodus dari luar daerah,” katanya.

Ditambahkan Kepala Dishubkominfo Provinsi, Drs Eko Agusrianto, persiapan menjadikan Bengkulu sebagai embarkasi haji, sudah sangat matang. Bahkan, ditegaskannya tahun 2013 calon jemaah haji Bengkulu sudah tidak menginap lagi di Padang. “Isnya Allah apabila tidak ada halangan, sudah bisa dilaksanakan. Semua sudah siap, termasuk bandara, tidak menjadi kendala,” katanya.
Dengan adanya embarkasi haji antara, calon jemaah haji hanya transit saja di Padang. Karena, mereka diinapkan di asrama haji Bengkulu. “Sehingga nanti akan berdampak luar biasa bagi perekonomian Bengkulu,” katanya. (100)