2013, BKM SMA/SMK Naik

RIO-REMBUK-PENDIDIKAN-WAMEN-DIKNAS-48Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Bengkulu telah mengusulkan anggaran Bantuan Khusus Murid (BKM) tingkat SMA dan SMK. Untuk tahun 2013, dana BKM kemungkinan meningkat. Kenaikannya dari Rp. 780 ribu menjadi Rp 1 juta persiswa pertahunnya. Peningkatan ini disesuaikan dengan kebutuhan dan nilai uang yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Dikatakan Kabid Dikmenti Dispendik Provinsi Bengkulu, Drs Nurafik MPd peningkatan ini bagian dari upaya Dispendik mengatasi siswa putus sekolah. Hanya saja, jumlah penerima BKM itu belum dapat ditentukan. Mengingat hingga saat ini DIPA Dispendik belum disahkan oleh DPRD Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, rencananya Penyerahan BKM yang setiap tahunnya disalurkan melalui Kantor POS. Tahun ini diberikan langsung melalui rekening masing-masing siswa penerima. Perubahan sistem pendistribusian bantuan ini, dilakukan guna menghidari pemotongan. “Tahun lalu, pendistribusian bantuan ini melalui kantor pos. Biasanya pihak penyalur bantuan memberitahukan sekolah bantuan tersebut sudah dapat diambil. Pada saat pengambilan bantuan tersebut, sekolah juga harus menyertakan surat terima yang dibubuhi tanda tangan siswa penerima. Setelah itu, barulah bantuan tersebut diberikan ke siswa penerima,” terangnya.

Untuk mendapatkan data pasti penerima bantuan itu, saat ini Dispendik tengah menunggu daftar usulan penerima bantuan.

Lanjutnya, Nurafik, tak semua siswa SMA dan SMK menerima bantuan tersebut. Penerimanya siswa miskin berdasarkan hasil seleksi dari sekolah yang telah diusulkan Dispendik. Oleh karena itu, sekolah mempunyai peranan penting dalam menentukan calon penerima BKM ini. Biasanya bantuan ini diberikan pada siswa yang sangat tidak mampu. Nurafik menambahkan, bantuan yang telah diberikan sejak tahun 2007 ini sangatlah bermanfaat. Karena bantuan tersebut dapat digunakan siswa untuk membeli kebutuhan sekolahnya. (128)