2013, Benteng Produksi Bibit Karet

TABA PENANJUNG, BE– Untuk mempercepat peningkatan kemajuan di Kabupaten Bengkulu Tengah dalam bidang pembibitan karet. Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan, mewacanakan pembinaan pembuatan bibit karet unggul produksi daerah ini sendiri.

Program ini direalisasikan tahun 2013 mendatang. Targetnya mampu memenuhi kebutuhan lokal, dan jangka panjangnya memenuhi kebutuhan kabupaten lain.

“Rencana ini sudah disampaikan ke dewan dan mendapat respon positif. Pe pelaksanaannya tahun 2013, dan ditahun 2014 Benteng sudah bisa memproduksi bibit karet unggulan sendiri hasil kreasi Warga Benteng sendiri,” kata Kabid Perkebunan Darmanto, SSos.

Keunggulan memproduksi bibit sendiri ini bisa memenuhi kebutuhan bibit karet unggul, yang kini sulit dicari petani. Selian itu juga sekaligus memudahkan warga mengenali bibit unggul. Tak hanya itu petani pun bisa menghemat pengeluaran dari segi pembelian bibit.

Selama ini petani mengambil bibit Karet dari Daerah Sumbawa. Tentunya mengeluarkan dana tak sedikit untuk transportasi. Belum lagi pemesanan bibit unggul itu harus dilakukan dalam partai besar.

“Cukup jelas manfaatnya, warga tidak lagi bakal kesulitan dalam memperoleh bibit, mereka dapat memesan secara lokal, dan jarak yang dekat. Bibit pun bisa dipesan dalam jumlah sedikit. Tentu hal ini bisa membuat ekonomi masyarakat juga bagus,” kata Darmanto.

Darmanto menambahkan, saat ini sudah ada petani yang bisa membuat bibit karet. Namun kualitasnya masih diragukan. Lantaran bibit bawah (induk) pembibitan itu bukan berasal dari balai pengawasan benih.

Sehingga kualitasnya masih belum bisa dipertanggungjawabkan. Namun demikian, kata Darmanto, skill dan ketrampilan petani itu perlu diapresiasi dengan memberikan ketrampilan pembuatan bibit khusus, agar hasilnya bisa profesional.

“Itu yang kita apresiasi, mereka petani sudah bisa membuat produk lokal sekalipun produk itu belum berlabel, atau masih diragukan. Ketarampilan inilah yang kita kawal 2013 nanti, mereka diberikan pelatihan pembuatan bibit unggul,” lanjut Darmanto.

Produksi bibit unggulan ini nantinya bisa mencapai ratusan ribu batang. Untuk memenuhi kebutuhan yang ada yang makin mendesak. Pembibitan itu sendiri kata Darmanto akan dipusatkan di 3 kecamatan yakni Talang IV, Pondok Kelapa dan Bang Haji. Di 3 kecamatan itu yang sudah benar-benar bisa mempraktekkan pembuatan bibit karet unggulan. (122)