200 Pesilat Ramaikan Kejurda

Hopalara SPdBINTUHAN,BE– Sebanyak 200 pesilat dari Kabupaten Kaur akan meramaikan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kaur di taman Bineka Kecamatan Kaur Selatan, hari ini Senin (16/11) sampai Jum’at (20/11).

“Insyallah kejurda pencak silat dan seni ini akan kita buka besok (hari ini ) di taman Bineka, dan akan dibuka langsung oleh Bapak Bupati Kaur. Pelasanaannya sampai 20 November 2015,” kata jelas Ketua IPSI Kabupaten Kaur Hopalara SPd beberapa hari lalu

Menurut Hopalara, Kejurda IPSI yang di gelar di Kabupaten Kaur ini, bekerjasama dengan ementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Kejurda ini diikuti 200 peserta pencab IPSI se-kabupaten Kaur. Dengan mempertandingkan kelas dari A sampai I untuk putra, kemudian untuk ada lima kelas yakni, kelas A sampai E. Kemudian ada untuk Seni tunggal putra putri, ganda, dan beregu putra putri. “Nanti mereka yang juara akan ada mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di tingkat selanjutannya, seperti Kejurda tingkat Provinsi Bengkulu,” terangnya.

Ditambahkannya, dalam kejuaraan pencak silat ini nanti. Juga akan diikuti oleh beberapa pencak silat tradisional di Kabupaten Kaur. Hal ini bertujuan untuk melestarikan silat transional. Karena mengingat saat ini pencak silat setiap daerah mulai dimunculkan ditambah lagi kemajuan zaman yang membuat pencak silat tradisional daerah itu mulai hilang. “Nanti ada silat tradisional, karena salah satu untuk membangkitkan silat tradisinol melalui perlombaan seperti inilah. Sebab selain bela diri juga untuk mempertahankan seni budaya peninggalan para lelulur kita dulu,” jelasnya.(618)