200 Personel Gabungan Amankan Pleno KPU Kaur

MONITORING: Wakapolres Kaur Kompol Hanny Junianto saat melakukan monitoring ke kantor KPU dan berbincang-bincang dengan Ketua KPU, Senin (14/12).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Sebanyak 200 personel gabungan TNI-Polri akan disiagakan dalam pelaksanaan pengamanan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati Kaur pada Pilkada tahun 2020, di Gedung Serba Guna (GSG) Pemda Kaur hari ini, Selasa (15/12).

“Personel TNI-Polri yang dilibatkan ada sekitar 200 orang untuk kita kerahkan dalam mengamankan kelancaran proses pleno KPU tingkat kabupaten besok (hari ini). Nantinya mereka akan disebar di sudut-sudut gedung GSG,” kata Kapolres Kaur Polda Bengkulu, AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH melalui Wakapolres Kompol Hanny Junianto SH.MH,M.TPd, saat melakukan monitoring pengamanan ke kantor KPU Kaur, Senin (14/12).

Dikatakan Waka, dalam rapat pleno memang kondisi terbuka. Namun hanya orang-orang tertentu yang boleh masuk dalam rapat sidang nanti seperti anggota PPK, saksi Paslon dan penempatan wartawan. Sementara, untuk massa dari Paslon dilarang masuk ke ruang rapat, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat pleno tengah berlangsung. Juga guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Untuk sekarang ini Kaur masih aman dan kundusif, dan jika saat pleno nanti memang ada tanda-tanda ada yang ingin membuat onar, kita akan tindak tegas. Juga kita minta kepada masing-masing paslon untuk tidak membawa massa dan juga patuhi protokol kesehatan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kaur, Meixxy Rismanto SE menyampaikan, jika pihaknya akan menggelar rapat pleno rekapitulasi suara Pilkada Kaur hari ini Selasa (15/12) bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Kaur. Dimana keputusan KPU mempercepat pleno rekapitulasi suara dikarenakan tidak ada lagi hal lain yang mesti ditunggu dan juga sudah sesuai dengan jadwal sebelumnya. Apalagi seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) dari 15 kecamatan se-Kabupaten Kaur sendiri sudah melaporkan hasil pleno rekapitulasi suara di tingkat kecamatan.

“Rapat pleno ini nanti ada dua tahap, tahap pertama kita plenokan hasil suara gubernur dan setelah itu baru hasil bupati. Untuk pleno tingkat kabupaten ini kita gelar di GSG sekitar pukul 09.00 WIB,” terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya sudah dikoordinasikan dengan berbagai pihak tekait termasuk pihak keamanan dan itu diyakini tidak melenceng dari aturan dan sesuai tahapan. Sebab, jadwal sesungguhnya untuk menggelar pleno rekapitulasi hasil Pilkada tingkat Kabupaten sendiri sesuai jadwal. Juga pihak-pihak terkait di dipastikan hadir pada pleno besok itu. Sebab undangan sudah mereka layangkan. Seperti kepada saksi pasangan calon (Paslon). Bawaslu, Panwascam serta seluruh PPK.

“Yang jelas undangan sudah kita kirim, dan kita berharap pleno besok (hari ini) berjalan lancar sesuai dengan harapan kita semua. Juga kita minta kepada peserta nanti agar selalu mematuhi Prokes dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan agar kita semua terhindar dari Covid-19,” jelasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*