20 Unit Perahu Bantuan Segera Dibagikan

Perahu yang akan didistribusikan kepada kelompok nelayan
PERAHU BANTUAN: Perahu bantuan untuk nelayan segera didistribusikan kepada kelompok nelayan.

MUKOMUKO, BENGKULU EKSPRESS – Sebanyak 20 unit perahu yang diperuntukan kelompok nelayan di wilayah kabupaten Mukomuko segera didistribusikan. Saat ini pihak OPD terkait tengah menyusun SK Bupati, terkait calon penerima perahu tersebut.

“Perahunya sudah tiba, saat ini tengah dibuat SK-nya,” kata Kepala DKP Kabupaten Mukomuko, Arief Isnawan melalui Kabid Perikanan Tangkap, Rahmad Hidayat dikonfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (28/11). Kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan dari pemerintah sebanyak 17 kelompok yang tersebar di wilayah kecamatan Ipuh, Teramang Jaya dan Kota Mukomuko. Satu kelompok masing – masing mendapatkan satu unit perahu berikut dengan kelengkapan seperti mesin serta berbagai alat tangkap.

“Rata – rata satu kelompok satu paket. Ada juga beberapa kelompok dua paket,” ujarnya. Pendistribusian perahu dan sarana dan prasarana alat tangkap tersebut salah satu upaya pemerintah untuk mengganti peralatan nelayan yang sudah berusia tua dan sering mengalami kerusakan.

“Ini diantaranya untuk mengganti perahu dan mesin nelayan yang sudah tua yang tidak layak lagi untuk digunakan melakukan aktifitas di perairan laut Mukomuko,” katanya. Anggaran pembelian tersebut menghabiskan anggaran sekitar Rp 1,6 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “Anggaran cukup terbatas. Bagi nelayan yang belum mendapatkan bantuan itu supaya bersabar dan diusulkan untuk tahun 2018 mendatang,” lanjut Rahmad. (900)