20 SMP/MTs, Terapkan UNBK

Foto : Plt Kadis Dikpora Bengkulu tengah, Saidirman SE MSi

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Ujian nasional tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan MTs digelar hari ini (22/4). Dari 33 SMP yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), sebanyak 10 SMP telah mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian nasional berbasis kompetensi (UNBK). Sedangkan 23 sekolah lainnya masih menerapkan ujian nasional kertas pensil (UNKP).  Terkhusus MTs, sebanyak 10 sekolah yang ada telah mempersiapkan diri untuk menggelar UNBK.

“Dari 33 SMP di Kabupaten Bengkulu tengah, ada sebanyak 10 SMP yang telah mendaftarkan diri untuk menerapkan UNBK,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bengkulu tengah, Saidirman SE MSi, kemarin (21/4).

Lebih lanjut, Saidirman menjelaskan, pelaksanaan UNBK akan berlangsung selama 4 (empat) hari, yakni pada tanggal 22-25 April 2019. Setiap harinya, peserta ujian akan mengikuti ujian hanya untuk 1 (satu) jenis mata pelajaran. Yakni, mata pelajaran Bahasa Indonesia pada hari Senin, Matematika pada hari Selasa, Bahasa Inggris pada hari Rabu dan mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) pada hari Kamis.



“Karena perangkat komputer yang dimiliki sekolah masih terbatas, pelaksanaan UNBK setiap harinya akan dibagi menjadi 3 sesi. Meliputi, sesi pertama pada pukul 07.00-09.30 WIB, sesi kedua pada pukul 10.30-12.30 WIB dan sesi ketiga pada pukul 14.00-16.00 WIB,” papar Saidirman.

Secara teknis, kata Saidirman, UNBK merupakan pelaksanaan ujian yang dilakukan secara online dengan menggunakan perangkat komputer. Dengan koputer yang tersedia di sekolah pelaksana UNBK, peserta ujian akan langsung menjawan soal yang terhubung ke sarver yang telah disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. “Agar koneksi internet tetap stabil, kami sudah berkoordinasi dengan PT PLN agar kiranya tak terjadi pemadaman listrik selama UNBK berlangsung. Pun begitu, pihak sekolah juga diimbau untuk menyiapkan mesin genset guna mengantisipasi pemadaman listrik,” terangnya.

Saidirman menjelaskan, peserta ujian tingkat SMP/Mts di Kabupaten Bengkulu tengah berjumlah 2.140 orang. Semuanya tersebar di 32 SMP dan 10 MTs. Sedangkan untuk peserta ujian tingkat SD berjumlah 2.047 orang yang tersebar di 92 SD dan 14 MI se-Kabupaten Bengkulu tengah. “Secara keseluruhan, peserta ujian jenjang pendidikan dasar di Kabupaten Bengkulu tengah tahun 2019 ini berjumlah 4.187 orang,” pungkasnya.(135)