20 Sekolah Mendapatkan DAK

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Lebong, mengusulkan sebanyak 20 sekolah (tingkat SD dan SMP) mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK), lebih kurang sebesar Rp 7 miliar untuk anggaran tahun 2018. Kepala Dinas Dispendikbud Kabupten Lebong H M Taufik Andry MPd, mengatakan bahwa dana DAK nantinya akan digunakan setiap sekolah untuk melengkapi apa saja yang selama ini masih kurang. Apa itu pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), Pengadaan alat pelajaran maupun perbaikan sarana dan prasarana sekolah lainnya.

“Karena memang untuk sekolah di Lebong masih banyak kekurangan,” jelasnya, kemarin.

Walaupun sudah mengusulkan 20 sekolah yang akan mendapatkan bantuan DAK, namun pihaknya belum tahu secara pasti berapa dana yang akan dibutuhkan setiap sekolah yang tahun ini mendapatkan DAK. Hal ini dikarnakan masih dalam penghitungan.

“Kita sebelumnya masih mendata sekolah mana yang layak untuk mendapatkannya, belum menentukan jumlah yang akan mereka terima nantinya,” ujarnya.

Sementara dalam pemberian DAK tahun ini, dipastikan untuk sekolah-sekolah yang sebelumnya di tahun 2017 telah mendapatkan bantuan DAK, dipastikan tahun ini tidak akan mendapatkannya.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada sekolah lain untuk meperbaiki kualitas sekolahnya.

“Nanti jika semua sekolah yang ada di Lebong mendapatkan dana, maka nanti akan diberi kesempatan lagi untuk mendapatkan DAK lagi,” ucapnya.

Selain itu, untuk tahun ini juga ada sekitar 4 sekolah yang mendapatkan dana pembangunan pagar yang dananya didapat dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebong.

Karena pagar sekolah yang saat ini memang butuh perbaikan.

“Ditambah juga pembangunan pagar dinas Pendidikan dan Kebudayaan,” tuturnya.

Namun untuk besaran juga belum bisa dirincikan secara pasti, sebab bagian perencanaan juga masih melakukan pendataan berapa biaya yang akan diperlukan untuk pembangunan pagar sekolah dan Dinas.

“Bagian perencanaan yang menentukannya, nanti akan kita sampaikan berapa besaran setelah selesai di bahas,”tutupnya.(614)