20 Ribu PKM Segera Terima Rastra

Bansos
Bansos

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Penerima beras sejahtera (Rastra) di Kabupaten Bengkulu Utara (BU), mencapai 22.022 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah ini, setelah dilakukan verifikasi dan validasi (verivali), data riil hanya sebanyak 20.120 KPM. Pemerintah desa diharapkan mengawasi penyaluran Rastra nanti, agar tepat sasaran.

‘’Memang totalnya sebanyak 22.022 KPM yang terdaftar dari pusat. Setelah kita verivali di lapangan, riilnya hanya ada 20.120 KPM saja,’’ ujar Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) BU Ir Suharto Handayani kepada Bengkulu Ekspress ditemui, kemarin (11/1).

Ia menambahkan, penyaluran bantuan sosial (bansos) rastra diberikan sekitar Maret mendatang. Saat ini Dinsos masih melakukan koordinasi mengenai transisi dari ditangani Bagian Ekonomi Setdakab ke Dinsos BU.

‘’Kita berharap secepatnya bisa disalurkan. Sekarang, kita terus berkoordinasi dengan Asisten II Setdakab Bengkulu Utara, mengenai transisi rastra ini,’’ ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, dalam penyaluran rastra 2018, ditangani langsung Kementerian Sosial (Kemensos). Untuk itu, mulai tahun ini KPM yang menerima bansos rastra diberikan secara gratis tanpa pengutan biaya apapun. Setiap PKM mendapatkan beras bantuan kualitas premium sebesar 10 Kg per bulan.

‘’Sehingga jika KPM mendapatkan rastra yang masih dipungut biaya oleh oknum tertentu, silahkan laporkan melalui situs website dan nomor yang tertera dalam pengaduan resmi, dan langsung ke Kepala Staf Kepresidenan,’’ terangnya.

Disamping itu, ia menyebutkan kedepan selain menerima rastra, KPM juga akan mendapatkan bansos gas. Artinya, tidak ada lagi gas subsidi yang dikeluarkan pemerintah. Namun, bergantian dengan bansos gas yang akan langsung diterima KPM berupa uang tunai di rekening, dan dapat dibelanjakan di E-Warong.

‘’Nanti semuan bansos, mulai dari beras, gas, pendidikan, kesehatan dan lain-lain, langsung masuk ke rekening KPM. Bantuan itu akan lebih tepat sasaran,’’ pungkasnya.(816)