20 Guru Pensiun

Foto : IST

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 20 orang tenaga pendidik atau guru di Kabupaten Kepahiang, tahun ini memasuki purna tugas atau pensiun. Para guru SD dan SMP tersebut memasuki penuntasan masa pengabdian jelang akhir tahun ini, karena sudah memasuki usia pensiun.

Plt Kadis Dikbud Kepahiang, Dr Hartono MPd mengatakan, jumlah tenaga guru masih sangat kurang. Ditambahkannya, dengan banyanya guru pensiun menjadi lebih banyak lagi kebutuhan jumlah guru. “Tahun ini 20 guru PNS akan pensiun, jumlah tersebut kembali menambah kebutuhan jumlah guru,” kata Hartono.



Menurutnya, hampir setiap tahun tenaga pendidik di Kabupaten Kepahiang bakal ada pengurangan, lantaran habis masa pengabdian sebagai seorang guru. “Tiap tahunnya tidak sama, karena ketika sudah diumur 60 tahun maka pensiun, tahun 2018 ada 46 yang pensiun,” sampainya.

Dijelaskanya, habisnya masa jabatan tenaga pendidik tidak hanya di jabatan guru saja, melainkan juga ada kepala sekolah.  “Tersebar di SMP dan SD, jadi bukan hanya guru saja kepala sekolah juga ada, jadi memang untuk tenaga pendidik ini bukan tidak merata tapi memang karena kekurangan,” sampainya.

Dikatakannya, Dikbud melakukan upaya dengan mengusulkan kebutuhan tenaga pendidik. “Untuk kebutuhan formasi CPNS terus kita usulkan, kemudian di P3K juga kita usulkan,” sampainya.Ia menambahkan, untuk kebutuhan tenaga pendidik pihaknya mengusukan sesuai dengan kebutuhan tenaga pendidik yang ada di Kabupaten Kepahiang.  “Kurang lebih 200-an orang yang kita usulkan, sesuai dengan kebutuhan kita,” tutup Hartono. (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*