2 Ton Karet PT BSP Dimaling

ARGA MAKMUR, BE – Sebanyak 2 ton karet lump milik PT Bakrie Sumatera Plantation (BSP) dimaling. Kasus tersebut terjadi pada Selasa dini hari kemarin sekitar pukul 04.00 WIB di jalan raya Taba Penanjung- Kepahiang.  2 Ton karet yang rencananya akan dikirimkan ke pabrik di Linggau- Sumsel dicuri oleh Ag warga Air Muring Kecamatan Putri Hijau pengemudi mobil truk yang mengantarkan karet tersebut.  Atas kejadian tersebut, pihak perusahaan mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Kapolres BU AKBP Asep Teddy N SIK melalui Kasat Reskrim AKP Hidayatullah SH SIK membenarkan adanya kejadian tersebut.

Kejadian pencurian tersebut bermula saat empat mobil truk yang mengangkut karet dari PT BSP sebanyak 40 ton untuk dikirim ke Linggau. Pihak perusahaan yang selama ini curiga terkait seringnya laporan penyusutan karet saat diterima di pabrik di Linggau akhirnya membuntuti empat mobil tersebut bersama pihak kepolisian.  Sekitar pukul 04.00 WIB, mobil truk BD 8023 DL yang dikemudikan oleh Ag secara tiba-tiba berhenti di lokasi jalan yang sepi di wilayah Taba Penanjung.  Pengemudi langsung menurunkan beberapa bal karet di lokasi tanah lapang dengan berat sekitar 2 ton.

Pihak perusahaan yang dibantu oleh aparat kepolisian yang membuntuti truk tersebut langsung mendatangi mobil tersebut untuk melakukan penangkapan atas aksi yang dilakukan oleh pelaku. Namun pada saat akan ditangkap, pelaku yang mengetahui kehadiran pihak kepolisian akhirnya melarikan diri ke arah hutan dan meninggalkan mobil tersebut.  Dikarenakan kondisi yang gelap dan sepi di lokasi kejadian, pencarian terhadap pelaku sulit dilakukan. Akhirnya mobil truk yang memuat karet (lump) langsung dibawa ke Polres BU untuk diamankan sebagai barang bukti.

“Polisi masih menyelidiki kasus ini lebih lanjut, kunci utamanya dengan melakukan penangkapan terhadap pelaku yang saat ini masih buron dan diduga kuat juga melibatkan pelaku lainnya,” terang AKP Hidayatullah. (212)