2 Sejoli Keledai Kembali Bersatu

NAPOLEON sudah cinta banget dengan Antosia. Mereka sudah bersama-sama selama sepuluh tahun. Tapi, biduk rumah tangga mereka harus terganggu. Pekan lalu Napoleon dan Antosia harus dipisahkan. Orang-orang tidak nyaman menonton kemesraan mereka di depan umum.
Napoleon dan Antosia bukan sepasang remaja kasmaran. Mereka adalah sejoli keledai penghuni Kebun Binatang Poznan, Polandia. Pekan lalu mereka bikin heboh. Orang-orang tua, pengunjung kebun binatang, menggerutu lantaran menyaksikan Napoleon dan Antosia menikah, eh, kawin.
Orang-orang tua itu protes lantaran kudu menjelaskan kepada anak-anak mereka mengapa dua keledai itu ’’main kuda-kudaan’’. Politikus konservatif lokal Lydia Dudziak pun angkat bicara. Dia mendesak direktur kebun binatang untuk memisahkan hewan-hewan berdasar jenis kelamin mereka.
Tetapi, pemisahan itu memantik reaksi lebih luas. Sekitar 7 ribu warga meneken petisi demi penyatuan kembali Napoleon dan Antosia. Mereka beranggapan, hewan yang kawin-mawin di depan umum memang wajar. Memisahkan mereka berarti tidak ’’berperikehewanan’’. ’’Hewan dipisahkan berdasar jenis kelamin? Sungguh idiot,’’ sembur Stefan Niesiolowski, politikus setempat.
Petisi itu cespleng. Direktur kebun binatang meminta maaf dan menyatukan kembali Napoleon-Antosia. Cinta mereka yang sudah berumur sepuluh tahun pun tidak jadi putus. Selama satu dekade itu Napoleon-Antosia sudah punya enam anak. Termasuk Tadeusz yang berumur dua bulan. Kini Antosia sudah boleh lagi melayani Napoleon untuk berjaga-jaga seandainya Tadeuz minta adik…. (AP/c4/dos)