2 Rumah Dibobol

TKP pembobolan rumah 2BENTENG, BE – Tampaknya, semakin hari, aksi pencurian dengan kekerasan (curas) di Kabupaten Benteng ini semakin menjadi saja. Setelah terjadi aksi perampokan di kawasan objek wisata liku sembilan gunung Kecamatan Taba Penanjung beberapa waktu lalu aksi serupa kembali terulang. Bahkan, kali ini 2 rumah warga dalam satu desa sekalgus  menjadi mangsa kawanan pelaku kriminal tersebut.

Rumah yang dibobol itu milik Yudian Sofyan (42) dan Budi (40). Keduanya merupakan warga Desa Padang Ulak Tanjung (PUT) Kecamatan Talang Empat. Pelaku berhasil membawa kabur 1 unit sepeda motor Honda Revo Absolute warna hitam – merah bernopol BD 5926 DR  milik Yudian Sofyan.

Namun, di rumah korban Budi, pelaku tak berhasil menggasak harta benda korban. Karena di rumah korban Budi,memang tidak memiliki sepeda motor. Peristiwa curas dikedua rumah warga  itu, diperkirakan terjadi  pada dini hari, kemarin. Namun kejadian itu baru diketahui korban yang rumahnya tak berjauhan itu, sekitar pukul 5.30 WIB, pada pagi harinya.

Data terhimpun, saat kejadian  keluarga kedua korban itu tengah terlelap tidur di rumahnya masing – masing. Tampaknya, kondisi sepi itu, dimanfaatkan oleh kawanan pelaku untuk melancarkan aksinya. Pertama kali kawanan pencuri beraksi di rumah korban Yudian Sofyan. Modus pelaku, terlebih dahulu menggali tanah yang terletak dibawah pintu rumah korban. Kemudian, pelaku masuk ke dalam rumah dan membukan pintu bagian depan rumah korban.

Selanjutnya, kawanan pelaku langsung mendorong kendaraan roda dua yang memang dalam kondisi  tidak terkunci stang tersebut dan membawanya kabur. Setelah berhasil mengasak motor di rumah korban Yudian Sofyan itu, kawanan pelakupun pindah ke rumah tetangganya, atau korban kedua, Budi. Namun, dirumah korban kedua ini para pelaku tidak berhasil mengasak harta benda disana.

Korban baru mengetahui pembobolan itu, saat anaknya bermaksud pergi ke sekolah mengunakan kuda besi tersebut. Alangkah terkejutnya, korban ketika melihat motor kesayangannya sudah lenyap. Awalnya, kedua korban ini berusaha mencari keberadaan motor itu disekitar rumah mereka, tetapi tidak membuahkan hasil. Akhirnya kornam melapor ke Polsek Talang Empat.

  “Biasanya, motor itu kami masukan ke dalam kamar. Namun entah kenapa tadi malam itu, motor hanya kami letakan di ruangan tamu dan tanpa kami kunci stangnya,” aku Yudian Sofyan, yang ditemui BE di rumahnya kemarin.

Sementara itu, kapolres BU, AKBP Asep Tedy N, SIK melalui Kapolsek Talang Empat, AKP Zulfi, membenarkan  telah menerima laporan curas tersebut. Menurutnya, sejauh ini pelaku masih dalam pengejaran  pihaknya. (111)