2 Makna Pemotongan Kurban


Ary, Salat Id di Makodim 0409 RL (2)
ARY/Bengkulu Ekspress
Ratusan masyarakat Rejang Lebong yang melaksanakan Salat Id di Lapangan Makodim 0409/Rejang Lebong, Rabu (22/8) kemarin. Selain diikuti masyarakat, salat di lapangan Makodim tersebut juga dihadiri Dandim 0409/Rejang Lebong dan Kapolres Rejang Lebong.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi menyebutkan, hari pemotongan hewan kurban memiliki dua makna. Dua makna yang terkandung dalam pemotongan hewan kurban tersebut yaitu makna ketaqwaan dan makna sosial. Hal ini disampaikan bupati dalam sambutannya sebelum pelaksanaan Salat Id di Masjid Agung Baitul Makmur Kota Curup, Rabu (22/8) kemarin.

Dijelaskan bupati, makna ketaqwaan yang ia maksud yaitu makna ketaqwaan terkait dengan pengorbanan manusia untuk Allah SWT terkait dengan penyembelihan hewan kurban yang meneladani ketaqwaan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Kemudian makna sosial, menurut bupati juga dari pelaksanaan korban itu sendiri, dimana menurutnya dengan memotong hewan kurban maka kita bisa berbagi kepada sesama untuk solidaritas umat beragama.

“Hewan kurban memiliki peran yang penting dalam hubungan sosial selain zakat, infaq dan sedekah kita,” sampai bupati.

Dalam kesempatan tersebut, bupati juga meminta masyarakat Rejang Lebong untuk memanfaatkan hari raya Idul Adha sebagai momen untuk membuang sifat egois yang ada dalam tubuh manusia khususnya masyarakat Rejang Lebong.

“Saya harap hadirnya hari raya kurban ini, untuk bisa mengkorbankan sifat egoisme dalam kehidupan sehari-hari,” pinta bupati.

Dengan membuang sifat egois tersebut, maka menurut bupati diharapkan masyarakat Rejang Lebong bisa memberikan pengorbanan kepada orang lain baik pengorbanan tenaga maupun pengorbanan materi.Kegiatan Salat Id di Masjid Agung Baitul Makmur Kota Curup kemarin diikuti oleh ribuan masyarakat Rejang Lebong. Dimana bertindak sebagai imam adalah Ustad Samiri sedangkan khatibnya adalah Ustad Khismul Holidin. Salat Id di Masjid Agung Baitul Makmur Kota Curup tersebut, selain dihadiri oleh Bupati Rejang Lebong juga dihadiri oleh Wakil Bupati Rejang Lebong dan sejumlah pejabat lainnya.

Sementara itu, untuk Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Kav Budi Wirman bersama Kapolres Rejang Lebong, AKBP Ordiva SIK menggelar Salat Id di Lapangan Makodim 0409/Rejang Lebong. Pelaksanaan Salat Id di Makodim 0409/Rejang Lebong tersebut diikuti oleh ratusan masyarakat Kota Curup.

(251)