2 Lab Rusak, Praktek Siswa Terganggu

KEPAHIANG, BE – Dua laboratorium (lab) SMP Negeri 1 Kepahiang yakni lab Kimia dan Bahasa tidak dapat difungsikan karena mengalami kerusakan. Akibat kondisi ini mengakibatkan pelaksanaan praktek belajar siswa menjadi terganggu. Laboratorium kimia mengalami kerusakan karena lantainya yang terbuat dari keramik ambruk. Sedangkan lab bahasa terkendala akibat 22 unit komputer yang ada tidak bisa dipergunakan karena rusak.”Untuk lab Kimia kerusakanya sudah hampir setahun ini sedangkan lab Bahasa seluruh unit komputernya yang biasa digunakan untuk praktek listening karena servernya mengalami kerusakan,” jelas Wakil Kepala SMPN 1 Kepahiang Tahmit MPd melalui Kepala Laboratorium Nurbsiti SPd

Dikatakannya, dengan kondisitersebut mengakibatkan para siswa hanya belajar seadanya saja. Bahkan untuk menggunakan lab kimia, para siswa harus hati-hati agar tidak mengalami kecelakaan.”Kalau untuk lab bahasa terpaksa kita menggunakan media bantu berupa tape untuk memperaktekkan pembelajaran listening kepada siswa,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi I Edwar Samsi yang mendapati informasi itu langsung melakukan sidak ke lokasi untuk mengetahui kondisi sebenarnya. Kejadian rusaknya fasilitas laboratorium sekolah sangat disayangkan karena mengakibatkan terganggunya aktifitas belajar siswa. SMPN 1 yang nota bene merupakan sekolah favorit, semestinya langsung koordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengatasi hal itu.”Melihat kondisi 2 lab yang tidak difungsikan ini tentunya kita sangat merasa miris sekali.

Aturanya pihak sekolah dan komite bisa segera memperbaiki hal ini. Kalaupun tidak ada anggaranya usulkan ke dinas terkait ataupun ke Banggar DPRD Kepahiang,” kata Edwar.(505)