2 Desember, Jalan Sehat Berhadiah Toyota Yaris

Sejalan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Provinsi Bengkulu yang ke 44, HUT Guru dan Hari Kesehatan Tahun 2012, Bengkulu Ekspress bekerjasama PGRI Kota Bengkulu akan menggelar kegiatan Jalan Sehat 2012.   Kegiatan tersebut akan digelar pada tanggal 2 Desember 2012, bertempat di Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu.   Event tersebut akan digelat dari pukul 06.00 WIB hingga selesai.

Kegiatan Jalan Sehat ini mengangkat tema Gerakan Bengkulu Sehat, Cerdas dan Tangguh.  Tema ini merupakan upaya mensinergikan gerakan dari masyarakat Kesehatan, para pendidik dan kependidikan serta para siswa untuk menjadi masyarakat yang tangguh.  Hal ini sejalan dengan upaya meningkatkan kemajuan kesehatan dan pendidikan di Provinsi Bengkulu.  ‘’Kegiatan ini bertujuan mensinergikan masyarakat kesehatan dan komponen pendidikan di daerah ini,’’ tutur Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Hendarini, B.Sc. S.Sos.

Peringatan Hari Kesehatan tepatnya pada tanggal 12 November sejak 48 tahun yang lalu.  Hari Guru ditetapkan setiap tanggal 25 Nopember.  Hal ini sebagai bentuk penghormatan  pemerintah Republik Indonesia kepada guru dan diperingati setiap tahun. Penetapannya berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Tanggal 25 November sebenarnya adalah hari ulang tahun PGRI yang lahir pada 25 November 1945 atau 100 hari setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Ketua PGRI Kota Bengkulu, Muktarimin, S.Pd M.Pd menyambut baik rencana kegiatan Jalan Sehat Hari Guru dan Hari Kesehatan tersebut.  ‘’Kami sangat berterima kasih atas apresiasi dari seluruh komponen masyarakat yang telah berencana menggelar kegiatan jalan sehat ini.   Kami merasa tersanjung hari guru dirayakan oleh komponen masyarakat yang bukan berprofesi sebagai guru.  Hal ini merupakan bentuk penghargaan yang sangat tinggi kepada profesi kami.  Semoga hal ini membawa dampak positif bagi guru khususnya dan dunia pendidikan di daerah ini pada umumnya,’’ tuturnya saat rapat persiapan Jalan Sehat tersebut.

Apalagi dalam kegiatan tersebut juga akan dibagikan bingkisan kepada para guru berprestasi yang dinilai menjadi teladan oleh para guru lain di daerahnya masing-masing.  ‘’Pemberian bingkisan untuk guru apalagi dari pihak swasta merupakan hal baru di Bengkulu. Apalagi bingkisan itu akan diberikan kepada guru berprestasi dari setiap kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.  Kami sudah berkoordinasi dengan Ketua PGRI Provinsi Bengkulu, dan beliau menyambut baik rencana ini,’’ ungkap Muktarimin sambil melepas senyum khasnya.

Untuk menggelar Jalan Sehat Hari Guru, Hari Kesehatan dan HUT Provinsi Bengkulu tersebut, PGRI Kota Bengkulu telah menyelenggarakan koordinasi dengan MKKS SMA/MA, MKKS SMK, MKKS SMP/MI, K3SD/MI dan IGTKI di Kota Bengkulu.  Semua pengurus organisasi kepala sekolah tersebut mendukung rencana Jalan Sehat tersebut.  ‘’Mari kita sukseskan Jalan Sehat tersebut.  Kegiatan ini merupakan salah satu tonggak penting untuk mewujudkan Bengkulu Kota Pelajar,’’ tutur Muktarimin penuh semangat.

Ketua MKKS SMA/MI Kota Bengkulu, Miduan Harta, M.Pd menuturkan pihaknya mendukung penuh kegiatan Jalan Sehat tersebut.  Jalan sehat ini merupakan momen penting bagi para guru, tenaga administrasi dan juga siswa.  Pasalnya kesempatan tersebut bisa menjadi ajang mempererat tali silaturahmi dan ajang hiburan setelah sekian lama bertugas di sekolah. ‘’Kegiatan jalan sehat ini bisa menjadi ajang refreshing sekaligus juga mempererat tali silaturahmi,’’ tegasnya.

Sementara Ketua MKKS SMP/MTs Kota Bengkulu, Mambolifar menegaskan Jalan Sehat ini harus didukung oleh semua komponen pendidikan di Kota Bengkulu. ‘’Mari kita suskseskan Jalan Sehat ini. Selain kegiatan ini milik guru dan komponen kesehatan di daerah ini, jalan sehat ini juga memberikan hadiah yang menarik, yakni 1 unit mobil Toyota Yaris,’’ ujarnya.(**)