2 Desa di BU Jadi Pilot Project Puskesos

APRIZAL/BE
Bupati BU, Mian secara resmi Puskesos di Desa Tebing Kaning, Jumat pagi (18/6).

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Sebanyak dua desa di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) dijadikan pilot project model Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos). Yakni Desa Tebing Kaning di Kecamatan Arma Jaya dan Desa Marga Sakti di Kecamatan Padang Jaya.
“Semoga kedua desa yang akan dijadikan pilot project model Puskesos dapat berjalan dengan sukses dan dapat mendorong terbentuknya Puskesos di seluruh desa di Kabupaten BU,” kata Bupati BU, Ir H Mian usai melaunching secara resmi Puskesos di Desa Tebing Kaning, Jumat (18/6).

Sebelum persemian, Bupati Mian didampingi Kepala Dinsos BU Suwanto MAP bersama Tim Puskesos-SLRT Kemensos RI, Asep Iwan Setiawan melakukan sosialisasi sekaligus membuka secara resmi bimtek Puskesos di ruang Pola Setdakab BU. Bupati menuturkan, bahwa Puskesos dibentuk di Kabupaten BU sebagai pusat layanan rujukan bagi masyarakat yang memerlukan layanan kesejahteraan sosial secara terpadu. Dengan adanya keberadaan Puskesos diharapkan dapat meningkatkan akses masyarakat terhadap multi program atau layanan yang dibutuhkan.
“Sesuai dengan visi saya, dengan adanya Puskesos ini tidak ada lagi nantinya bantuan sosial yang tidak tepat sasaran,”ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya pun menyampaikan, dengan adanya puskesos ini menurutnya sangat strategis untuk menyelesaikan masalah-masalah kesejahteraan sosial. Maka dari itu, dirinya selaku pemerintah daerah akan sangat serius dalam menangani permasalahan sosial tersebut sebagai bagian dari upaya menurunkan angka kemiskinan di kabupaten BU dirinya pun menargetkan di tahun 2023 semua desa yang ada di Kabupaten sudah ada puskesos.
“Saya juga menargetkan hingga tahun 2023 semua desa ada puskesosnya, ini merupakan langkah uoaya kita menurunkan angka kemiskinan,” sampainya.

Sementara itu, Kadinsos BU, Suwanto MAP menjelaskan, Puskesos adalah program sistem layanan dan rujukan terpadu yang merupakan wujud dari unit pelayanan bagi rumah tangga miskin di Kabupaten BU. Puskesos merupakan tempat pelayanan bagi rumah tangga sasaran di wilayah kecamatan, desa, kelurahan, dalam pelaksanaan percepatan rogram penanggulangan kemiskinan.
“Adapun tujuan pembentukan Puskesos adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem perlindungan sosial guna mengurangi kemiskinan, kerentanan dan kesenjangan,”tukasnya.(127)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*