2 Calon Direktur PDAM Penuhi Syarat

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dalam proses pendaftaran calon Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong, panitia seleksi hanya menerima dua pendaftar yang berminat untuk mengisi jabatan Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong yang telah lama kosong.

Setelah dilakukan pemeriksaan berkas-berkas dua pendaftar tersebut. Panitia seleksi menyatakan kedua peserta yang mendaftar tersebut telah memenuhi syarat secara administrasi dan bisa mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

“Setelah panitia melakukan pemeriksaan terhadap berkas dua calon Direktur PDAM, panitia menyatakan keduanya memenuhi syarat secara administrasi dan bisa mengikuti tahapan selanjutnya,” terang Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Kabupaten Rejang Lebong, Zulfan Efendi SE MM saat ditemui Senin (15/1) kemarin.

Dua orang yang mendaftar calon Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong yang dinyatakan lulus secara administrasi tersebut adalah Orin Retnowati ST MT yang merupakan warga Jalan Sawo IV RT 4/4 Kelurahan Karang Asem Kota Surakarta. Satu lagi adalah Drs Sopian SSos warga Jalan Bhayangkara III RT 10/3 Kelurahan Air Putih Lama Kecamatan Curup. Sopian sendiri saat ini masih menjabat sebagai Direktur PDAM Lebong.

Dengan dinyatakannya kedua calon tersebut memenuhi syarat, maka menurut Zulfan tahapan selanjutnya yang akan dilaksanakan yaitu akan melaksanakan tes kompetensi kepada kedua calon direktur tersebut. Dimana tes kompetensi termasuk pemafaran visi dan misi serta wawancara terhadap keduanya akan dilaksanakan pada Kamis (18/1) lusa.

Dalam tes kompetensi ini, pengujinya adalah Sekda Kabupaten Rejang Lebong, Asisten II Sekretariat Kabupaten Rejang Lebong dan perwakilan dari Perpamsi Provinsi Bengkulu.

“Tes kompetensi ini akan kita laksanakan di ruang rapat Sekda pada Kamis ini,” terang Zulfan.

Setelah dilaksanakan tes kompetensi kepada kedua calon Direktur PDAM tersebut, maka menurut Zulfan pihaknya akan segera myampaikan kepada Bupati Rejang Lebong. Panitia seleksi menargetkan hasil tes kompetensi tersebut sudah berada di meja Bupati Rejang Lebong pada tanggal 22 Januari mendatang, sehingga bupati cepat memprosesnya dan pelantikan direktur PDAM yang baru akan segera dilaksanakan.

“Kita berharap pelantikan bisa dilaksanakan diawal Februari mendatang, sehingga Direktur yang baru bisa langsung bekerja mengingat jabatan Direktur PDAM Tirta Dharma ini sudah lama kosong,” terang Zulfan.

Disisi lain, saat panitia menyatakan kedua pendaftar sudah memenuhi syarat secara administrasi. Secara mengejutkan Sopian yang saat ini menjabat sebagai Direktur PDAM Lebong menyatakan mengudurkan diri dari bursa pencalonan Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong.

“Meskpun saya sebelumnya sudah mendaftarkan diri, namun saat ini saya nyatakan bahwa saya mengundurkan diri dari bursa pencalonan Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong,” terang Sopian saat menghubungi awak media Senin (15/1) kemarin.

Menurut Sopian, ia mengundurkan diri dari bursa pencalonan Direktur PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong bukan karena adanya tekanan dari pihak lain, melainkan atas kesadaran dirinya sendiri, karena ia ingin mengabdi dan membesarkan PDAM Tirta Dharma Rejang Lebong.

“Saya mengundurkan diri dari pencalonan bukan hanya ada tekanan dari pihak lain, namun murni karena saya ingin membesarkan PDAM Lebong terlebih dahulu,” demikian Sopian.(251)