2 Adik Agusrin Daftar DPD

BENGKULU, BE –  Minat Masyarakat Bengkulu menjadi senator DPD RI cukup tinggi. Ini terlihat dari jumlah calon DPD yang mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Bengkulu hingga hari terakhir kemarin mencapai 23 orang. Calon senator yang akan berlaga pada Pemilu 2014 mendatang lebih banyak dibanding dengan calon DPD pada Pemilu 2009 yang hanya 18 orang.
Ke-23 calon ini  memiliki latar belakang yang berbeda. Seperti incumbent, mantan pejabat, dari birokrasi, akademisi, pengusahan dan berbagai background lainnya. (Lengkap lihat grafis)
Menariknya, dua adik mantan Gubernur Bengkulu Agusrin M Najamudin ikut mendaftarkan diri sebagai calon DPD asal Bengkulu. Keduanya Sultan B Najamudin dan Dinmar Najamudin. Pemilu 2009 lalu, Sultan mencalon DPD RI dan berhasil meraih suara terbanyak. Sedangkan Dinmar maju sebagai Caleg DPR RI dari Demokrat dan sempat dinyatakan terpilih mewakili Provinsi Bengkulu oleh KPU Provinsi. Namun kemenangnya dianulir KPU Pusat dan digantikan Dian A Syakhroza.
Sultan sendiri mendaftar sekitar pukul 08.00 WIB pagi kemarin, sedangkan Dinmar mendaftar sekitar  pukul 10.00 WIB kemarin. Pendaftaran kakak beradik ini terkesan  dilakukan secara diam-diam, yang hanya diwakili oleh 2 orang kepercayaannya
Menariknya orang kepercayaan Sultan dan Dinmar adalah orang yang sama atas nama Siswan Aprianto dan Ashar.
“Bung Sultan  sudah mendaftar pagi tadi, dengan menyerahkan dukungan 3.403 fotocopy KTP,” kata Ketua Pokja Pendaftaran di sekretriat KPU Provinsi Bengkulu, Junaidi SH, kemarin.
Dia menyebutkan, kemungkinan disebabkan masuknya nama Sultan sebagai Calon Wakil Gubernur mendampingi Junaidi Hamsyah hingga 2015 mendatang.
“Dia sengaja tidak mau dipublikasi dan tidak mau diketahui oleh orang banyak,” ujarnya.
Sementara Dinmar menyerahkan dukungan sebanyak 3.284 lembar dukungan.
Dikonfirmasi, Siswan mengaku kedua calon senator tersebut tidak bisa menghadiri langsung pendaftarannya karena tengah  berada di Jakarta.
“Sultan dan Dinmar berada di Jakarta menjalankan aktivitasnya, sehingga mereka memberikan mandat kepada kami untuk melakukan pendaftarannya ke KPU,” singkat Siswan.
Selain itu, sejumlah calon DPD 2009 kembali mendaftar di hari terakhir di antaranya Yuan Rasugi Sang, Babul Hairin, dan M Kosim. Mereka memastikan lebih siap tarung kali ini. Seperti Yuan menyerahkan dukungan sebanyak 3.899 fotocopy KTP. Sedangkan Babul sebanyak 4.660 foto copy KTP. “Saya ingin mengabdi dan berjuang untuk kemajuan Provinsi Bengkulu ini,” ujar Babul usai pendaftaran.(400)

Daftar Calon DPD RI  
1. H Ahmad Kanedi
2. H Bambang Soeroso
3. Rahimullah
4. Iqbal Bastari
5. Ruslan Wijaya
6. Radianto Star
7. Eri Yanto
8. Muspani
9. Hj Eni Khairani
10. Moch Saleh
11. Salamun Haris
12. Cupli Risman
13. Sultan B Najamudin
14. Dinmar M Najamudin
15. Wafa Abdullah
16. Yuan Rasugi Sang
17. Babul Hairin
18. Riri Damayanti Jhon Latief
19. M Kosim
20. Hamim Wijaksono
21. Syaiful Anwar Bachsin
22. Jatmiko
23. Asnibar