2.220 Siswa Terjaring

RIO-MOS SMP1 (1)BENGKULU, BE – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Bengkulu telah merampungkan pendataan siswa penerima beasiswa miskin tahun 2013. Sebanyak 2.220 siswa tingkat SMA/SMK terjaring dan dinyatakan berhak menerima beasiswa tersebut.
Dikatakan Kabag Perencanaan Dispendik Kota Bengkulu, Drs Gianto, ”Beasiswa ini diberikan bagi siswa diseluruh tingkatan di Kota Bengkulu.” Dengan kriteria calon penerimanya, pelajar dari keluarga tidak mampu, tidak memiliki orang tua (Yatim/Piatu) yang dibutikan dengan surat keterangan yang dikeluarkan oleh RT dan dilegalisir lurah dan camat setempat. Setiap siswa yang menerima beasiswa ini mendapatkannuang Rp 1 juta.
Selain itu, bagi pelajar dari luar kota Bengkulu yang tempat tinggalnya menumpang dengan orang lain atau dirumah ibadah juga mendapatkan beasiswa ini, tetapi harus memiliki surat penyataan yang ditandatangani dan dibuat oleh Kepala Sekolah. Tak hanya itu saja, peluang mendapatkan beasiswa ini juga diberikan bagi anak PNS golongan 1 dan 2 yang belum dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Tentunya dibuktikan dengan surat keterangan miskin dari RT/RW/Lurah setempat.
“Keseluruh kriteria calon penerima ini tercatat sebagai warga kota Bengkulu yang dibuktikan dengan kartu keluarga,” terangnya.
Lanjut Gianto, beasiswa ini diberikan sebagai wujud perhatian pemerintah Kota Bengkulu mengurangi angka putus sekolah. Sebelum data penerima beasiswa ini dikeluarkan, Dispendik telah menyeleksinya. Seleksi ini bagian upaya Dispendik menjaring siswa yang benar-benar membutuhkan beasiswa tersebut. Untuk itu dalam tahapan pencairannya nanti, Dispendik berkoordinasi langsung dengan Walikota Bengkulu, Helmi Hasan SE. “Rencananya bulan ini diberikan, tetapi kita masih menunggu keputusan walikota,” jelasnya. (128)