192 Desa Miliki Peta Akurat

IRUL/Bengkulu Ekspress
TANDA TANGAN: BIG bekerjasama dengan Pemkab Kaur saat melalukan delineasi batas wilayah administrasi desa di GSG, Rabu (12/8).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) pusat akhirnya merampungkan penerbitan peta dan juga penandatanganan peta desa per kecamatan. Penerbitan peta ini berpedoman dengan data dari tim topografi Pangdam II Sriwijaya.



“Dalam penerbitan peta ini sudah lebih detail dari peta sebelumnya bukan hanya titik kordinat saja, tapi lengkap dengan dokumen batas-batas misalnya air dan sebagainya,” kata Kasubag Otonomi Daerah (Otda) Bagian Pemerintahan dan OTDA Setda Kaur Bambang Trio Irawan S STP M Si kemarin, (12/9).

Dikatakan Bambang, tim BIG sebelumnya meminta data dari tim topografi Pangdam II Sriwijaya, kemudian melakukan penyempurnaan dengan memuat data lebih mendetail, hal ini bertujuan agar nantinya batas-batas desa tak lagi ada masalah di kemudian hari. Peta ini juga diharapkan menjadi pedoman desa dalam menerbitkan surat menyurat dan dokumen lain yang berkaitan dengan batas-batas.

“Peta hasil delineasi oleh tim BIG sudah ditanda-tangani kades desa yang bersangkutan termasuk juga desa yang berbatasan dan juga camat. Sehingga dipastikan lebih akurat,” katanya.

Ditambahkannya, ini merupakan hari terakhir desa yang belum menandatangani peta, dengan demikian setelah proses penandatanganan di GSG dan aula lantai 3 Setda Kaur itu maka 192 desa dan tiga kelurahan yang ada dipastikan sudah memiliki peta akurat resmi. Sehingga dipastikan pula mempunyai dasar hukum yang jelas.

“Peta ini bisa dijadikan dasar misalnya menerbitan SKT, Sertifikat atau yang lainnya mengenai posisi lahan, sebab selain memuat batas manual juga menuliskan kordinat lokasi,” jelasnya.(618)