192 Desa Belum Input Siskeudes

Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Memasuki awal pertengahan bulan September 2018 ini, ternyata dari 192 desa yang ada di Kabupaten Kaur belum ada satupun yang menginput data di sistem keuangan desa (Siskeudes). Padahal setiap desa sudah ditunjuk operator dan juga dapat koordinasi dengan Satuan Petugas (Satgas) Siskeudes yang telah ditetapkan sebanyak 15 orang.

“Surat imbauannya sudah kita layangkan ke kecamatan untuk disampaikan ke desa-desa terkait dengan input data Siskeudes ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur Asmawi SAg, beberapa hari lalu.

Dikatakan mantan kepala Dishub ini, dalam surat yang sudah dilayangkan pihaknya itu, hal ini menindaklanjuti surat dari BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu yang melakukan monitoring langsung yang dilayangkan oleh BPKP pada 20 Agustus yang lalu. Bahkan sampai saat ini belum ada satu desa pun yang melakukan input data ke Siskeudes.



“Kita imbau kepada Kades untuk dapat melakukan penyampaian data, hal ini silakan berkoordinasi dengan Satgas Siskeudes yang sudah ditetapkan,” terangnya.

Ditambahkannya, saat ini terdapat 15 Satgas yang sudah ditetapkan sebagai Satgas Siskeudes. Pihaknya berharap Satgas yang ditunjuk dapat bekerjasama dan membantu desa melakukan input data. Sehingga tak ada kendala dalam input data, diketahui pula input data merupakan salah satu syarat untuk dapat mengajukan pencairan berikutnya.

“Input data ini wajib. Desa yang belum menginput data, maka belum bisa direkomendasikan untuk pencarian dana selanjutnya atau DD tahap tiga,” jelasnya. (618)