179 CJH Tes Kesehatan

haji

CURUP, BE – Calon Jemaah Haji (CJH) asal Rejang Lebong yang akan berangkat tahun 2016 berjumlah 179 orang, CJH akan mengikuti tes kesehatan sebagai salah satu syarat awal. Tes kesehatan akan dilakukan di 4 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), yang sudah disediakan oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong.

“Dinas Kesehatan Rejang Lebong sudah menyiapkan 4 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk tes kesehatan tersebut. Empat Puskesmas tersebut, yaitu Puskesmas Curup, Puskesmas Sambirejo, Puskesmas Curup Timur dan Puskesmas Batu Galing,” Kepala Bidang Pengendalian, Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL), Nunung Tri Mulyanti, Sabtu (23/4).

Bagi seorang CHJ yang baik, sudah semestinya melakukan pemeriksaan kesehatannya. Supaya tidak ada hal-hal yang menghambat jalannya ibadah haji nantinya. Selain dalam keadaan siap dalam jiwa atau batin, kesiapan fisik atau kesehatan juga sangat penting bagi orang yang berangkat ke Tanah Suci.

Nunung mengatakan, Teknis pelaksanaan tes kesehatan tersebut akan disesuaikan dengan jumlah CJH. Sesuai dengan domisili dekat dengan masing-masing Puskemas, jangan sampai mempersulit CJH itu sendiri. “Kuota setiap puskesmas yang digunakan, yaitu Puskesmas Curup 59 CJH, Puskesmas Curup Timur 50 orang, Puskesmas Prumnas 50 orang dan Puskesmas Samberejo 24 orang CJH,” jelasnya.

Seluruh CHJ sangat membutuhkan peran Pemkab Rejang Lebong, guna kelancaran kepergia para CHJ sampai mereka kembali ke daerah asalnya. Selain Pihak dari P3PL, instansi yang dibutuhkan perannya terkait dengan haji adalah Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong. para CJH juga membutuhkan informasi dan arahan dari pihak Kemenag Rejang Lebong. “Semua hal juga akan kita koordinasikan dengan Kemenag,” lengkapnya.

Setiap CJH akan melakukan beberapa tahapan untuk persyaratan administrasi, maka dari itu para CJH harus benar-benar mengikuti proses tahapannya. Sehingga semua persiapan yang harus dikerjakan dapat terselesaikan, serta tidak ada hambatan dan halangan bagi seluruh CJH yang ada di Rejang Lebong. “Para CJH ini akan bersiap untuk masuk ke tahap persiapan pemeriksaan kesehatan, setelah sebelumnya melengkapi pembuatan paspor,” pungkasnya. (722)