178 Pelajar Kaur Bersaing Jadi Paskibra

SELEKSI: Para siswa SMA dari berbagai sekolah saat mengikuti seleksi paskibra di di pendopo taman bineka Kecamatan Kaur Selatan, Selasa (23/3).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Proses seleksi pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI mulai digelar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kaur, Selasa (23/3). Dalam seleksi kali ini ada 178 pelajar tingkat SMA sederajat bersaing dan berkompetisi menjadi anggota Paskibra untuk 17 Agtustus 2021 mendatang.

“Ada 178 peserta yang mendaftar dan ini baru seleksi tahap awal, kita akan ambil 30 untuk dijadikan paskibra Kabupaten dan enam terbaik lainnya akan dikirim mengikuti paskibra Provinsi,” kata Kepala Disparpora Kaur, Jon Harimol SSos melalui Kabid Pemuda dan Olahraga (Pora), Hopa Lara SPd, Selasa (23/3).

Dikatakannya seleksi dilakukan selama tiga hari kedepan, setelah seleksi tahap awal ini panitia yang berasal dari unsur TNI/Polri dan purna Paskibra akan menentukan siapa saja yang nantinya berhak untuk dinyatakan terpilih sebagai anggota paskibra Kabupaten Kaur 2021. Mereka nanti akan kembali menjalani karantina selama beberapa Minggu sebelum benar-benar membawa pengibaran bendera merah putih di lapangan merdeka.

“Jadi ini baru tahap awal, dari seleksi awal ini akan diambil terbaiknya untuk dijadikan anggota Paskibra, sementara yang gagal bisa menjadi pengibar bendera di kecamatan,” ujarnya.

Ditambahkannya, seleksi administrasi sendiri digelar di pendopo taman bineka dan hari ini dijadwalkan akan digelar di depan Masjid al Kahfi untuk tes fisik. Panitia sendiri menyeleksi mulai dari fostur tubuh serta baris berbaris dari masing-masing calon paskibra. Selaian itu seleksi lain juga yakni ketahanan fisik hingga kondisi lainnya.

“Kita berharap tahun ini Kaur dapat mengirimkan perwakilannya ke nasional mengikuti pengibaran bendera di istana merdeka, sebab tinggal beberapa kabupaten lagi yang belum pernah mengirimkan putra putrinya sebagai pengibar bendera di istana termasuk Kaur sendiri,” tandasnya. (618)