175 Grasstrack Adu Kebut Serkuit Pekan Sabtu

moto gastrek (1)BENGKULU, BE – Dalam ajang kualifikasi Griya Pelang Open Grasstrack 2015 yang diselenggarakan kemarin (23/5) sekitar pukul 15.00 WIB hingga 17.00 WIB, setidaknya sekitar 175 pembalap grasstrack adu kebut di sirkuit permanen Ossa Kita Kita Pekan Sabtu, dengan panjang serkuit 1.000 meter tersebut. Ketua Harian Pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Bengkulu, Tharmizi Zakaria mejelaskan kegiatan open Grasstrack 2015 ini bertujuan untuk membangkitkan pembalap-pembalap muda Bengkulu untak dapat mencapai Kejuaran Nasoinal (Kejurnas).

“Hari ini (Kemarin, red) kita sedang melaksanakan ajang kualifikasi, besok (Hari ini,red) baru diteruskan untuk ajang finalnya. Nah dengan adanya ajang ini, kita harapkan dapat memancing pembalap grasstrack Bengkulu dapat mencapai kanca nasional. Karena saat ini, dalam ajang grasstrack Bengkulu belum dapat bersaing dalam Kejurnas. Maka dari itu, kita harus pancing terus, agar potensi pembalap dapat ditampakkan untuk menemukan bibit-bibit unggul,” jelas Tarmizi kepada BE kemarin (23/5).

Selanjutnya, Open Grasstrack 2015 yang diselenggarakan dalam 10 kelas ini, akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 50 juta dan tropy persembahan IMI Provinsi Bengkulu. Kelas tersebut yaitu Kelas Bebek Campuran Standar Terbuka, Kelas Bebek Dua Langkah Modifikasi Terbuka, Kelas Bebek Tiga Langkah Modifikasi Terbuka, Kelas Sport Campuran Modifikasi Terbuka, Kelas Bebek Empat Langkah Modifikasi Pemula Terbuka, Kelas Sport Campuran Modifikasi Pemula Terbuka, Kelas Bebek Campuran Modifikasi Pelajar 15 Tahun Terbuka, Kelas Sport Campuran Modifikasi 33 Tahun Terbuka dan Kelas Adventure Non SE Non Pembalap Grasstrack Terbuka.

“Untuk Juara umum, kita juga sudah persiapkan hadia utama Satu unit sepeda motor. Kita juga harapkan kepada para pembalap nantinnya dapat mengutamakan sportifitas. Karena kita yakin, pengakuan dan penghargaan untuk setiap prestasi menjadi suntikan energi bagi kemajuan olahraga otomotif Provinsi Bengkulu,” tutur Tarmizi.
Selain itu, Ketua Panitia Penyelenggara Griya Pelang Open Grasstrack 2015, Riqo Syaputra mengungkapkan bahwa pembalap-pembalap grasstrack ini datang dari berbagai daerah. Mulai dari pembalap lokal Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Seluma, Kepahyang, dan Curup. Sedangkan untuk Luar Provinsi Bengkulu yaitu dari Provinsi Lampung, Jambi, dan Lubuk Linggau.

“Semua pembalap, sengaja kita undang bukan hanya dari Lokal saja tapi juga dari luar Provinsi Bengkulu. Agar nantinya pembalap dapat berbaur dan merasakan sensasi berbeda, untuk bertarung dengan pembalap dari laur Provinsi Bengkulu,” papar Riqo.

Kemudian, agenda kwalifikasi sendiri, mulai dari Scrutineerring dan technical kontrol, briefing pembalap dan latihan resmi. Kemudian akan dilanjutkan untuk Hari ini (23/5), pembalap akan menunjukan keahlian dalam tahap final yang akan diselenggarakan mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

“Besok (Hari ini, Red) finalnya, kita jamin ajang ini bakal ramai, karena pembalap ini tidak diramaikan dari lokal saja. Untuk masyarakat Bengkulu, jangan sampai melewatkan ajang seru dan menantang ini,” pungkas Riqo. (Cw2)