17 Unit Mobnas Desa Seluma Rusak

MOBNAS RUSAK: Salah satu bentuk kendaraan dinas yang tidak dilakukan perawatan.

TAIS, bengkuluekspress.com – Berdasarkan data di Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Seluma diketahui bahwa, sebanyak 17 mobil dinas (Mobnas) desa yang rusak dan tidak terawat. Kondisi mobil tersebut mengalami rusak berat, sehingga tidak digunakan lagi.

Kepala Dinas Perkim Seluma Erlan Suadi M.Ap mengatakan, untuk 17 desa ini memang mengalami rusak berat, dari jumlah tersebut 4 Mobnas sudah ditarik dan 13 desa lainnya masih belum ditarik karena keterbatasan alat dan akses jalan yang terkendala.

“Ada 4 unit yang sudah kita tarik, yang lainnya sedang kita rencanakan,” kata Erlan kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, untuk 17 desa yang Mobnas nya tidak terawat ini nantinya desanya tidak akan lagi menjadi prioritas mendapatkan Mobnas. Kemudian, itu harus menjadi pelajaran bagi desa lainnya agar menjaga dan merawat Mobnas tersebut.

“Seluruh desa yang mobilnya tidak dirawat rusak dan tidak dirawat. Kedepan tidak akan kami usulkan lagi untuk diberikan mobil dinas,” tandasnya.

Menurut Erlan, kepada seluruh desa untuk tetap menjaga dan merawat Mobnas yang telah diserahkan. Karena kalau Mobnas berplat merah masih merupakan milik Pemkab Seluma. Namun, jika mobil berplat kuning, hal itu telah diserahkan ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sehingga, hal itu merupakan tanggung jawab BUMDes itu sendiri.

“Kalau sudah plat kuning. Artinya itu sudah diserahkan ke BUMDes. Tanggung jawab BUMDes. Tidak lagi menjadi menjadi tanggung jawab Pemkab,” tandasnya. (333)