17 Imigran Sri Lanka Belum Bisa Dideportasi

BENGKULU, BE – Meskipun sudah diamankan di Kantor Imigrasi Bengkulu, namun ke-17 imigran gelap asal Sri Lanka yang sedang mencari suaka politik belum bisa dideportasi ke daerah asalnya.

Menurut keterangan Kepala Kantor Imigrasi Bengkulu, Drs Hasanudin MM, saat ini mereka masih melakukan pemeriksaan terhadap para imigran yang berencana mencari suaka politik ke Australia, namun terdampar di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu tersebut. “Untuk sementara ke-17 warga Sri Lanka ini kita tampung dahulu sambil menunggu proses selanjutnya. Kita tidak bisa sembarangan untuk melakukan deportasi, karena semua ada proses yang harus dilewati sebelum melakukan deportasi,” ujar Hasanudin.

Ditambahkannya, pihak imigrasi telah mengkonfirmasi ke Jakarta mengenai nasib para imigran itu ke depan. Karena Kantor Imigrasi Bengkulu belum memiliki rumah singgah, sehingga tidak bisa lebih lama menampung ke-17 imigran itu. Apalagi akan berdampak terhadap anggaran yang harus dikeluarkan.

Sementara itu, berdasarkan pengamatan BE di Kantor Imigrasi, ke-5 warga negara Sri Lanka yang diamankan Kamis lalu ditempatkan di ruang bawah. Sedangkan ke-12 warga yang baru tiba kemarin berada di ruang atas.
Untuk diketahui, ke-17 imigran itu berlayar dari Sri Lanka untuk mencari suaka politik ke Australia, karena di negara mereka sedang terjadi perang suadara antara pemerintah setempat dengan pemberontak Macan Tamil.

Namun kapal yang mereka tumpangi mengalami kerusakan di perairan laut Enggano. Kemudian 5 orang imigran sudah dibawa oleh Lanal Bengkulu ke Pelabuhan Pulau Baai Kamis (22/11). Sementara 12 orang lainnya merapat ke Pelabuhan Pulau Baii Bengkulu sekitar pukul 08.00 WIB, kemarin. Kemudian sekitar pukul 09.30 WIB mereka diserahkan Kantor Imigrasi Bengkulu. Diketahui jika para imigran itu sudah sekitar 45 hari mengarungi lautan dengan menggunakan kapal motor Sadali Duwa.(160)

17 WNA yang Terdampar di Enggano
1. Andanam Ranjith Kumar
2. Mandharan
3. Pathmanathan Prasath
4. Sivessamy Nagenthemsam
5. Murukaiya Sangreevan
6. Prajaith
7. Soorya Kumar
8. Jeya Kanthan
9. Karthik
10. Kamalan
11. Lumanan
12. Nishanthan
13. Prateepan
14. Karan
15. Theleepan
16. Nitharsan
17. Mahesh

sumber : Kantor Imigrasi Bengkulu