16 Tim Berkompetisi Diajang Musikalisasi Puisi Kantor Bahasa Bengkulu

Kepala Kantor Bahasa Bengkulu Karyono SPd MHum
Kepala Kantor Bahasa Bengkulu, Karyono. S.Pd M.Hum

BENGKULU, BE – Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu menggelar festival Musikalisasi Puisi 2020 tingkat sekolah menengah atas (SMA) sederajat. Sebanyak 16 tim berkompetisi pada ajang ini.

“Ada 16 tim yang berkompetisi, jumlah ini meningkat dari tahun lalu,” ungkap Kepala Kantor Bahasa Bengkulu Karyono SPd MHum melalui Panitia Kegiatan M Yusuf.

Dikatakannya, musikalisasi puisi (Muspus) karya Sastra dan seni dipadukan menjadi lantunan yang indah. Ini agenda tahunan, tujuanya untuk menguji kemampuan siswa dalam mengolah puisi yang dipadukan dengan musik sehingga menjadi bentuk musikalisasi puisi. Akan ada dua karya sastra puisi yang ditampilkan para tim dalam kompetisi tersebut.

Pada lomba ini dicari dua pemenang untuk menentukan perwakilan Bengukulu ditingkat nasional. Pelaksanaan seleksi Muspus tahun ini berbeda, pasalnya ditengah pandemi covid-19. Masing-masing tim harus mengirim hasil karya Muspus dalam bentuk video dan kemudian hasilnya diseleksi juri. Selanjutnya, tim juri menilai enam terbaik dan diundang tampil di Kantor Bahasa Bengkulu, untuk dinilai secara langsung.

“Puncak festival digelar 29 Agustus 2020. Tim kita undang untuk tampil dihadapan juri,” ungkap Yusuf.

Yusuf berharap enam tim terpilih pada pelaksanaan nanti dapat mempersiapkan diri dan tampil dengan maksimal, karena para pemenang mewakili Bengkulu ketingkat nasional.

“Harapannya tim dari Bengkulu nanti bisa menembus dan mengukir prestasi dikancah nasional kembali. Setelah sebelumnya Provinsi Bengkulu, pernah masuk empat besar se-Indonesia,” tukasnya.¬† (247)

 

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*