16 SMP Siap

Foto;Ist

MESKIPUN sebelumnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan seluruh SMP di Kabupaten Rejang Lebong sudah melaksanakan UNBK ditahun 2019 ini. Namun kenyataan baru 16 SMP yang siap untuk melaksanakan UNBK tahun ini. “Tahun ini ada 16 SMP di Rejang Lebong ini yang akan melaksanakan UNBK,” sampai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Tarsisius Samuji SPd MM.

Dijelaskan Samuji, meskipun baru 16 SMP yang siap melaksanakan UNBK tahun 2019 ini, namun menurutnya jumlah tersebut bertambah dari tahun 2018 lalu. Dimana menurutnya pada tahun 2018 lalu dari 52 SMP negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Rejang Lebong yang melaksanakan UNBK sebanyak 9 sekolah.

“Dibandingkan tahun lalu, tahun ini ada penambanahn 7 sekolah yang melaksanakan UNBK,” tambahnya.

Menariknya lagi, menurut Samuji tahun ini sekolah yang melaksanakan UNBK tersebut bukan hanya sekolah yang ada diwilayah perkotaan Curup saja, melainkan ada sekolah yang dipinggiran yang melaksanakan UNBK, salah satunya SMPN 35 Rejang Lebong yang ada di Desa Bukit Batu Kecamatan Padang Ulak Tanding.



Keberhasilan SMPN 35 yang berjarak 10 KM dari ibu kota Kecamatan Padang Ulak Tanding tersebut, menurutnya tidak terlepas dari dukungan orang tua siswa untuk menyiapkan sarana dan prasarana sehingga sekolah tersebut bisa melaksanakan UNBK, bahkan menurutnya pelaksanaan UNBK disekolah tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu.

“Seharusnya, apa yang dilakukan SMPN 35 ini bisa memotivasi sekolah lainnya khususnya di kawasan perkotaan, karena mereka yang dijauh sana saja bisa, kenapa yang didekat tidak bisa,” sampai Samuji.

Sementara itu, terkait dengan MTs yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, Samuji mengaku dari informasi yang mereka terima dri 10 MTs yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, semuanya sudah melaksanakan UNBK. Kelebihan dari MTs sendiri, menurut Samuji jumlah siswanya yang lebih sedikit dibandingkan dengan SMP, sehingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk melaksanakan UNBK lebih sedikit dibandingkan dengan SMP. “Pelaksanaan UNBK sendiri akan dilaksanakan sebelum Pemilu yaitu pada tanggal 9, 10, 13 dan 14 April mendatang,” sampai Samuji.

Untuk tingkat SMP sendiri, total siswa kelas III SMP yang akan mengikuti ujian nasional baik yang UNBK maupun Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) akan diikuti oleh 4.400 siswa. 4.400 siswa tersebut menurutknya sudah masuk dalam pendataan, sehingga mereka tidak bisa lagi berpindah sekolah.(251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*